--- In silatindonesia@yahoogroups.com, "Selamet Syahril \(Traincom -
HO\)" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Untuk tingkat "mental" tanpa emosi itu sebenarnya ngga tinggi-tinggi
amat pak, di SMA 2 Tangerang ada latihan Sahbandar tiap hari minggu,
silakan dilihat, dulu di SMA Islam yang di jalan tawakal juga ada
(ngga tahu deh sekarang).

> Dasar anak-anak SMA mereka biasanya suka main "ban-banan" selepas
latihan. Tapi memang mereka baru bisa ngeban sebatas sesama sahbandar
bukan dengan yang lain.

Betul Mas untuk bisa mementalkan lawan tanpa emosi tidak perlu latihan
lama, dengan catatan lawannya peka dgn energi seperti itu, jadi
nyobanya cuma bisa dengan teman berlatih yang memang melatih kepekaanya.

Dulu sewaktu masih latihan jeblag (guru saya waktu itu menyebut
pukulan jarak jauh dengan sebutan jeblag, tp sy ga tau ini Sahbandar
atau bukan), temen latihan sering maen jejeblagan, cuma sy ga pernah
ikutan soalnya ga peka :d, jd we ngelos.

biasanya beberapa aliran silat walaupun punya materi pelajaran jeblag,
jeblag nya bukan dijadikan pelajaran utama/pelajaran satu2nya, tp
tetep dilengkapi dgn gerak/jurus silat dan teknik/ilmu pendukung yg
membantu silatnya jadi lebih ampuh, karna ya itu kalau penguasaan
jeblag nya pas2an bisa malah bonyok di gebukin, belum lg biasanya
kalau diajarkan elmu jeblag suka diajarin jg anti nya

Kirim email ke