Salam Uda Aris,

Saya pesilat muka baru juga di sini, tapi kalau berkenan, ada sedikit
yang saya pahami soal kecepatan... tentu dengan mohon ijin ke para
senior...

Kalau sudah rutin melakukan latihan otot tapi masih lamban, coba
diperiksa tekniknya. Apakah Uda melakukan teknik dengan otot yang masih
tegang?  kadang-kadang gerakan kita ditahan oleh otot-otot kita
sendiri.

Tanda yang perlu dicermati; apakah leher Uda tegang kalau melakukan
teknik? Kalau iya, maka memang ini masalahnya... coba lakukan teknik
dengan lebih rilek... awasi agar leher tetap santai. Insya Allah
kecepatannya akan meningkat.

Sedikit latihan plyometrics mungkin bisa membantu, misalnya push-up
sambil tepuk tangan di udara, membungkuk lalu melempar bola berat ke
atas, lari sambil melompat-lompat, dan banyak gerakan lain. Latih pula
otot perut dan punggung bawah, karena mereka berfungsi mengalirkan
tenaga yang kita peroleh dari putaran pinggang.

... sambil kita menunggu para pendekar turun gunung dengan nasihatnya...

Salam hormat,
Bharata

--- In silatindonesia@yahoogroups.com, "arismanafandi"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> ane udah rutin push up, sit up n ainnya, tapi gerakan ane masih
lamban
> dan kurang bertenaga. sobat silat sekalian, kasih masukan dong....!!!!

Kirim email ke