Sahabat silat.
Definisi speed adalah suatu gerakan yang dilakukan dengan secepat - cepatnya
dalam waktu sesingkat - singkat nya.
Sedangkan dalam pencak silat salah satu latihan fisik  dengan latihan lari 20
bukanlah untuk meningkatkan kecepatan karena karakteristik cabang lari dan
pencak silat sangatlah berbeda.  Dalam ilmu gerak ( biomekanik ) lari  adalah
gerakan siklis sementara dalam pencak silat adalah asiklis, jadi tidak
mempengaruhi secara langsung terhadap tendangan dalam pencak silat.
Karena dalam lari 20 M itu dilakukan secepat - cepatnya pastinya akan menahan
nafas sehingga mengalami oksigen debt yang pada akhirnya meningkatnya  dan
efisiensi kemampuan jantung paru dalam bekerja serta meningkatnya asam laktat
dalam otot, jadi semakin tinggi asam laktat dalam otot semakin rendah tingkat
kelelahan dalam otot. hal ini juga salah satu faktor yang mempengaruhi
keberhasilan dalam pertandingan pencak silat.
Demikian menurut pendapatku, mohon koreksi kalau ada yang salah pendapatku
ini...hatur nuhun

O'ong Maryono <[EMAIL PROTECTED]> wrote:                             Sahabat
silat

 Kenapa dengan lari disertakan tahan nafas dapat
 menambah speed,
 Tolong mbak dijelaskan, mungkin teori mbak bisa saya
 terapkan di tim nasional pencak silat Thailand.
 Terima kasih atas kesediannya.

 wassalam

 O'ong

 Terima ksih atas keediannya
 --- Astutiningsih Abbas <[EMAIL PROTECTED]>
 wrote:

 > Katanya sih, lari sprint sambil tahan nafas. Gak
 > jauh2 20 meter aja.....
 > itu bisa melatih kecepatan.
 > Masalah kita sama kang, ada di speed.
 >
 > arismanafandi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
 >                       ane udah rutin push up, sit up
 > n ainnya, tapi gerakan ane masih lamban
 >  dan kurang bertenaga. sobat silat sekalian, kasih
 > masukan dong....!!!!

 > removed]

 O'ong Maryono
 La Cascade Condominium, Apt 10C