On Mon, Nov 03, 2003 at 04:19:04PM +0700, [f i e r] wrote:
> Saya ikut kubu yang kurang setuju kalo digabung, alasan2 rekan2 yang lain
> sudah jelas ....
> Kalo masalahnya pertanyaan linux-setup banyak masuk ke linux-admin, gimana
> kalo milis-admin 'moderated' aja, so pertanyaan nya difilter ama Moderator
> :). Sukur2 karena tugas berat ini moderatornya nambah (eh, selama ini
> moderatornya ada berapa ya?)
> Ini cuman usul lho Bung Roni ...
Mas rony tadi pagi (karena saya membaca emailnya pagi:-)) meminta untuk
tidak memperpanjang thread ini. Kalo saya perhatikan, Mas Rony sukanya
menyatakan "pls jangan diperpanjang thread". Saya tidak sependapat mas,
ini bukan soal "menyerang" ato "mendukung", tapi "menyuarakan" suara
akar rumput atau urun rembug. Dan ternyata, banyak juga kan anggota yang masih
ikutan berargumen. Saya juga ikutan.........

well, soal moderated, saya tidak setuju, abis kemaren-2 aku perhatikan
(ketika linux-admin di moderated), kaga ada email masuk (terutama jika hari minggu).
Seninnya, berrrrr, numpuk semua. Saya bukan moderator ataupun pernah jadi moderator
suatu milis, tapi kayaknya untuk jumlah email yang segitu, berat untuk admin
(berapapun jumlahnya). Mau digilir? Bila emailnya urgent?siapa tahu ada
anggota yang sdg online dan bisa membantu. Tentang pernyataan mas rony
ketika awal pembentukan linux-setup dan linux-admin, bahwa linux-admin
diperuntukkan bagi "advanced", berapa level tingkatan ke-advanced-an
tsb? Misal seseorang ditugaskan kantornya untuk memasang server email, dan oleh
manager IT-nya "diharuskan" memakai postfix, harus masuk kemana?menurut linux.or.id
dahulu, yang baisa/umum ke linux-setup, tapi dia merasa sudah tahu apa itu chown,chmod
dsb, yang membingungkan mungkin soal SASL, linux-admin?

Kalo saya perhatikan beberapa milis lain(misal debian dan Postfix, tidak ada pembagian
antara setup/admin, semuanya dimasukkan ke user. Perbedaan mungkin ke
developer,pemakai berbahasa asing,isp,firewall dll. Apakah sudah saatnya
linux.or.id dipecah menjadi linux-mail,linux-firewall,linux-samba dll?

Moderated cocok untuk yang bersifat private/keamanan/development. Bagi
pengguna Linux Indonesia? linux-user lah. Anggota kebingungan dalam
manajemen milisnya? yah belajarlah, lagian kan ada tombol hapus, hapus
saja yang memang tidak diinginkan tanpa pandang bulu apakah judul email
yang keliatannya ecek-2, tapi ternyata didalamnya terdapat isi yang
cukup berharga. Ini tugas anggota, dan bukan owner/moderator

Salam