On Thu, Nov 06, 2003 at 02:12:59PM +0700, Kinzie wrote:
> kalo untuk mounting suatu device silahkan anda lihat dulu pada file
> cat /etc/fstab
> silahkan baca, kalo nggak salah perintahnya adalah
> mount /dev/fd0 /mnt/floppy
                 ^^^^^^^^^^
bebas, tidak harus ke /mnt/floppy. Linux fleksibel, di mount dimana saja
bisa, asal konsisten, jadi ke /floppy atau /flop-flip, ndak masalah

Kemungkinannya, kernel anda tidak support floppy (module terinstal
langsung/nempel ke kernel). Untuk mengecek apakah ada module floppy, coba
jalan-2 ke /lib/modules/nama-kernel-anda/kernel/drivers/block, menemukan
floppy* ndak

ato cari dengan find:
shell>find / -name floppy*

Kalau menemukan, pasang modulenya:
shell>insmod floppy

Jika tidak menemukan, cek apakah module floppy terinstal ke kernel,
jalan-2 ke /var/log, cari-2 file message,boot atau dmesg (aku ndak apal
di RH gimana, tiap distro berbeda-2), lihat ada kata-2 Floppy/floppy
ndak

well, ini juga sebenarnya bisa jadi cara pertama, cari-2 di config kernelnya (dengan
asumsi anda instal default dan belum instal kernel sendiri.). Di RH kemungkinan di
/boot, file dengan nama config-nama-kernel-anda. Cari kata-2 yang berbau FLOPPY,
bagaimana isinya?m,y atau tidak ada?

module msdos tidak ada/belum terinstal. Sebaiknya memakai vfat ajah
mendukung nama file yang panjang. Cara mengeceknya, sama dengan cara
diatas. Cuman, carinya di /lib/modules/nama-kernel-anda/kernel/fs