> Sama saya juga tidak bermaksud perang tulisan disini, saya hanya kagum
> dengan apa yang telah dibuat oleh orang2 Perancis ini. Kalo masalah
> test-configuration pada XFdrake di Mdk-9.1, sepertinya emang ada bug di
> situ, saya juga tak pernah berhasil men-test konfigurasi ketika saya ingin
> mengubah resolusi monitor.
kemungkinan besar karena keliru dalam memilih VGA Card type. Untuk chek VGA
lihat dibagian Mandrake Control Center-Hardware

> Saya tidak menginstall full, hanya paket yang saya butuhkan yang saya
> install. Dan ketika saya tahu bahwa test-configuration tidak berhasil,
> maka dengan terpaksa saya pake cara buta (try & error kebanyakan erornya
> :-)), toh bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.
khusus untuk X sebaiknya install KDE dan GNome kedua-duanya. Selama ini saya
sudah install Mandrake di berbagai VGA dan berhasil, antara lain:
- Toshiba Teca 8000
- Acer Travel Mate 280
- M/B Onboard Gigabyte, VIA AMD 1500/1800+
- VGA S3,
- WinFast

TIPS:
- Sebaiknya double check VGA anda pake Windows juga. Jika Window dan Linux
melaporkannya sama mk tinggal main di setting aja.