skenario 1
From: [EMAIL PROTECTED]
To: [EMAIL PROTECTED]
Lah kan ngga nyampai karena domain tidak ada, dia ngebounce ke
[EMAIL PROTECTED]

hasilnya: [EMAIL PROTECTED] marah marah ke saya.

skenario 2
From: [EMAIL PROTECTED]
To: [EMAIL PROTECTED]
Lah ngga nyampai, double bounce ke saya.

hasilnya: saya terkejut kok banyak fans kirim email tetapi terus kecewa dan
tangan capek teken teken delete di inbox

Apa rekan rekan ada solusi untuk menghindari kedua skenario ini terjadi,
terutama skenario 1 (skenario 2 mungkin emang udah by design, dan mungkin ada
bagusnya yah)

Analogi dari configurasi nya sekarang begini, (biar bisa di bayangkan)
Semua user ada di 1 LAN, ip nya 192.168.0.x, qmail-smtpd ada di 192.168.0.253.
qmail-stmpd nya di set relay pake tcprules /etc/smtpd.cdb untuk hanya terima
relay dari ip 192.168.0.0/255.255.255.0
domain saya: domain_exist. contoh contoh user email nya yah
[EMAIL PROTECTED], [EMAIL PROTECTED]

Solusi yang saya pikir sekarang adalah,
begitu ada user yang kirim email, qmail-stmpd bisa cek "reply-to" dan "from"
nya apakah dari domain_exist.com. Kalo tidak yah di tolak.

Lah untuk implementasi ini bagaimana caranya ?
Pake file file di control/ apa bisa ? adanya kan cuman badmailfrom, yang cuman
menolak domain domain yang ngga diaccept qmail-smtpd.

Yang paling mendekati yang saya tau yah yang tadi di sebut, mf patch
http://qmail.glasswings.com.au/qmail-1.03-mfcheck.3.patch
Tapi ini check domainnya exist atau tidak.

Solusi terakhir yah modify mfcheck ini.

Apa rekan rekan pernah mengalami hal serupa ? Punya ide ? Punya solusi ?

Terima kasih sebelonnya,

Dion