On 12-Mar-2004, Dion Sasmito wrote:
> Kebetulan saudara Ronny sedang bertanya, saya menjawab. Saya pake qmail
> vanilla. Lah sejak baca baca mailing list tentang mail server ini semua, saya
> jadi bingung.
> 1. Qmail banyak patches itu maksudnya apa ? ini patch selain errno patches kan
> ?

Kalo anda sudah pake errno patch itu sudah bukan vanilla dong, hehe.
qmail vanilla itu yg dapet dr cr.yp.to, tanpa ditambahin apa2 lagi.

> 2. Patches ini bisa di liat di mana ? Yang saya tau yah yang di qmail.org itu,
> dan yang google search, apa ada tempat lain yang kira kira ada patches yang
> sering di pakai / berguna ? tadi ada yang nrg4u.

Ya banyak di mana2, dulu waktu saya masih pake qmail sih dapetnya
mostly dr qmail.org. Tergantung perlunya mau patch apa, tinggal
disearch, atau bikin sendiri, hehe.

> [...]
> Lah kan ngga nyampai karena domain tidak ada, dia ngebounce ke
> [EMAIL PROTECTED]
>
> hasilnya: [EMAIL PROTECTED] marah marah ke saya.
>
> skenario 2
> From: [EMAIL PROTECTED]
> To: [EMAIL PROTECTED]
> Lah ngga nyampai, double bounce ke saya.
>
> hasilnya: saya terkejut kok banyak fans kirim email tetapi terus kecewa dan
> tangan capek teken teken delete di inbox
>
> Apa rekan rekan ada solusi untuk menghindari kedua skenario ini terjadi,
> terutama skenario 1 (skenario 2 mungkin emang udah by design, dan mungkin ada

Utk skenario 1 solusinya paling ya mengedukasi usernya. Tapi kalo
usernya model warnet gitu ya mungkin jadi cape kalo mesti menjelaskan
berulang2 ke org2 yg berbeda.

Kalo skenario 2 anda bisa set doublebounce ke alamat tertentu lalu
tinggal difilter mungkin.

> begitu ada user yang kirim email, qmail-stmpd bisa cek "reply-to" dan "from"
> nya apakah dari domain_exist.com. Kalo tidak yah di tolak.

That's a no-no, MTA seharusnya(?)--dan qmail memang--tidak peduli isi email
(ya, "header" itu termasuk isi email), dia cuma melihat envelope
sender aja (yg dipake waktu MAIL FROM stage di SMTP).

Coba anda smtp manual (telnet 25), trus gunakan alamat yg berbeda
waktu MAIL FROM dan waktu ngisi "header" from, trus anda cek header
email yg masuk.

> Lah untuk implementasi ini bagaimana caranya ? Pake file file di
> control/ apa bisa ? adanya kan cuman badmailfrom, yang cuman menolak
> domain domain yang ngga diaccept qmail-smtpd.

Seinget saya dulu ada patch seperti ini, cuma lupa namanya, mungkin
rekan lain yg sering pake qmail lebih inget.

> Apa rekan rekan pernah mengalami hal serupa ? Punya ide ? Punya solusi ?

Kalo pake postfix tinggal pake reject_unknown_sender_domain di
smtpd_*_restrictions. Simple as that. :)

Printer gua mana, yon? :)

Ronny