On 11-Mar-2004, Romie Djapri wrote:
> Tetap saja postfix masih belum bisa mengalahkan kemudahan qmail
> untuk web hosting server.. :))

Nah kalo ini setuju. Satu2nya case di mana saya akan pilih qmail atau
courier-mta duluan adalah untuk kasus hosting. Selain itu saya akan
pake Postfix by default. Well, mungkin dua case.. kalo saya bener2
butuh mailing list pake ezmlm, hehehe.

> Kalau belum.. masih mendingan pake qmail untuk administrasi user..

Nah kalo ini saya kurang setuju, soalnya saya gak pake MTA utk
administrasi user, hehehe. Tapi saya tau yg anda maksud, seperti yg di
atas :) I'm just being pedantic.

By the way kira2 berapa persen pengguna qmail yg bener2 menggunakan
qmail yg vanilla/tanpa patches ya? Salah satu alasan utama saya males
pake qmail adalah udah gak ada perkembangan lagi, semua improvements
dll mesti lewat patches yg bikin pusing kalo mesti gabungin banyak.
Jadi kalo saya mau bikin sistem mail server yg simple aja dr scratch,
dg asumsi sama2 udah lama gak pake Postfix dan udah lama gak pake
qmail, saya akan spend waktu lebih lama kalo pilih qmail+patches.
Sedangkan kalo pilih postfix gampang sekali, saya tinggal ke
www.postfix.org, ambil latest stable, compile trus install, edit
main.cf dikit, beres, dan saya punya confidence menjalankan sistem itu
karena udah ada some kind of "seal of approval" dr authornya, tanpa
patch anything.

What is important to me may not be important/relevant to you or your
situation.

Ronny