>di slackware, untuk ServerType standalone dijalankan melalui rc.httpd
>yang dipanggil dari rc.M
>sedang kalo lewat inetd (inetd.conf) namanya bukan standalone ...cmiiw
Lah lalu namanya apa? berdiri sendiri? hehehe.... :) j/k

>akan bentrok bila dimungkinkan anda menjalankan dari inetd juga dari
>rc.httpd (standalone), namun yg mjd masalah adalah apache tidak dapat
>aktif yang dimungkinkan karena konfigurasi pada httpd.conf tsb   ....cmiiw
Mmmm.... saya juga tidak tau :)
Kalo saya coba flashback saya mau buat web server, saya kotak-katik dibagian
httpd.conf
lalu sesudah test jalanin http://localhost/ jalan ok.
beberapa hari kemudian saya pengen nyoba php. jadi saya edit file httpd.conf
saya aktifkan bagian ini:

# ==> mod_php configuration settings <==
#
# PACKAGES REQUIRED:  openssl-solibs (A series) and/or openssl (N series),
#                     mysql (AP series), gmp (L series), and apache (N
series)
#
Include /etc/apache/mod_php.conf

lalu saya edit file mod_php.conf

#
# mod_php - PHP Hypertext Preprocessor module
#
LoadModule php4_module libexec/libphp4.so
AddModule mod_php4.c  ===> Saya Buang Pagernya <===
# Tell Apache to feed all *.php files through the PHP module
AddType application/x-httpd-php .php ===> Saya Buang Pagernya <===
# This will display PHP files in colored syntax form.  Use with caution.
AddType application/x-httpd-php-source .phps ===> Saya Buang Pagernya <===

sesudah saya jalankan httpd restart
ada pesan kesalahan bahwa module mod_php4.c sudah dijalankan.
Ya saya kasih tanda pager lagi bagian mod_php4.c
saya restart lagi. sekarang tidak ada lagi pesan kesalahan.
saya test dengan file phpinfo, jalan dengan baik
Dengan riangnya saya nyengir :)

dan besoknya ternyata itu httpd dah nggak jalan walaupun udah dijalankan
dengan perintah #httpd start
saya coba jalankan secara otomatis ternyata direfused. ya udah saya nyengir
*kecut* lagi.
Ya udah saya tanya ke milis abis bingung cara trouble shootingnya, dah nyari
lewat google nggak dapet-dapet. begitulah sejarahnya.
Oh iya... pada tanggal tersebut di lognya ada tulisan seperti ini:
> [Sun Mar 14 20:04:59 2004] [crit] (98)Address already in use: make_sock:
> could not bind to port 80
> [Sun Mar 14 20:09:00 2004] [crit] (98)Address already in use: make_sock:
> could not bind to port 80
crit itu apa sih? (critical?) could not bind juga maksudnya apa?

Terimakasih atas pencerahannya Oom Gemblung.

Hari ini dunia tampak cerah deh :-)

Salam,

P-Man

"Dimana ada Kuasa, Disitu ada 'Jalan'
'Jalan' makin lebar, karena tidak punya malu"