Merujuk email Imam Nursianto tanggal 07-Apr-2004:
> Hai semua para pecinta linux...
> tolongin saya yaaa
> saya lagi bingung nih masalahnya sih begini...saya lagi coba pengembangan
> server...webserver saya letakkan di ip private...waktu saya tanyakan
> temen-temen diluar ada yang bisa bowsing ke www ada juga yang tidak
> bisa...tapi kalau browsingnya pake ip publik baru bisa...ini kenapa yaa
> kalau masalah settingan DNS saya pikir ndak ada masalah sih sebab saya pake
> nslookup untuk www bisa diresolv kok kalau masalah setting
> iptables...iptables saya begini :
> [...]

konsepnya pahami dulu

1. webserver tak harus bernama www
2. webserver hanya bisa diakses dari internet melalui ip publik dan
diberi nama hostname blah.domain.tld (blah tidak harus www)
3. ip publik yang punya hostname di no. 2 di atas bisa diportforward
jika ingin secara fisik webserver ada di lan privat dengan ip privat,
tapi tetap pengakses dari internet mengakses ip publiknya yang telah
diberi nama hostname blah.domain.tld
4. karena webserver anda untuk publik menggunakan ip publik sebaiknya
pengecekan hostname menggunakan nslookup dilakukan dari luar jaringan
privat anda

masang iptables lebih mudah, lebih banyak contohnya kalo dicari di
search engine

--
Picard: Au revoir, Natasha. -- Skin Of Evil, Stardate 41