On Wednesday 06 October 2004 10:09, Amiruddin wrote:
> benar kata pak adi, sesuai prosedur memang 2 minggu menunggu tanggapan dari
> admin lama, nah 2 minggu ini khan waktu pak adi, jangan hanya persoaln
> domain, kerja kita terhambat, bukan begitu pak? kalau identitas suatu
> domain itu sudah lengkap dengan mengirimkan data itu ke IDNIC,  kenapa
> IDNIC tidak menggunakan otoritasnya sebagai wadah pengatur domain di
> indonesia, ini membuktikan IDNIC tidak berdaya, usul saya IDNIC itu perlu
> di reformasi utamanya peraturan yang ada sekarang ini, supaya IDNIC bisa
> tegas dalam menggunakan hak otoristasnya :)

Bukan ngebelain IDNIC (saya juga kadang kesel dengan birokrasi pengurus
IDNIC). Tapi tujuan IDNIC baik.
IDNIC mencegah, jangan sampai domain diambil alih oleh pihak yang tidak
berhak.

Soalnya, IDNIC berusaha mempertahankan kelebihan (perbedaan?) domain .id
dibandingkan dengan .com, .org dll, yaitu kepastian pemilik domain dan tidak
mudah di-take-over.

So, dengan menggunakan domain .id, ada beberapa keuntungan:
* saya yakin kalau domain ini tidak mudah *tiba-tiba diambil orang*
* pengguna yakin bahwa pemilik domain internux.net.id pasti ISP, pemilik
domain internux.co.id pasti  perusahaan dst.

Kerugiannya ya itu tadi..... sulit untuk di-take-over ke hosting lain.

So, adalah hak pengguna untuk memilih, apakah ingin  menggunakan
domain .com, .org dll yang mudah (saking mudahnya, pemilik domain .com belum
tentu perusahaan, .org belum tentu organisasi, dll), atau memilih domain .id
yang penuh prosedur tapi aman.

usul saya, coba ikut milis IDNIC, dan ikut berdiskusi di sana.
Saat ini IDNIC lagi me-reformasi sistem mereka, agar menyenangkan semua pihak.

Tapi, baca arsip dulu yah.... jangan langsung nyundul, siapa tahu
pertanyaannya baru saja dibahas, heheheh.....

--
Salam,

Adi Nugroho
PT iNterNUX - Internet Service Provider