http://www.postfix.org/SMTPD_ACCESS_README.html

>     Bagaimana caranya untuk memberikan batasan hanya user dengan ip
>     tertentu saja yang boleh menggunakan engine smtp kita ?

Mending sekalian pake SMTP Auth, drpd maintain daftar ip. Kalo tetep
mau berdasarkan ip address (atau mau digabung dengan SMTP Auth),
caranya antara lain pake $mynetworks dan access(5) table.

Ini konfigurasi yang sangat dasar dan dicover di dokumentasinya
Postfix. Karena info anda tidak spesifik (postfix versi brp, lognya,
"dipake org" itu seperti apa, networknya gimana, ipnya gimana) saya
juga gak bisa spesifik.

Ronny