Rekan-rekan linuxer ...

Mohon masukannya. Saya berencana untuk menyiapkan mesin "backup server". Fungsi "backup server" ini adalah untuk meng-copy/ backup data dari beberapa mesin lain secara berkala.

Untuk mesin "backup server" ini rencananya akan saya install GNU/ Linux. Sedangkan OS client adalah w*nd*w$, dimana pada masing-masing komputer client akan disiapkan folder/ partisi khusus untuk menyimpan data (contohnya pada folder "sharing"). Tugas server adalah setiap 1 minggu sekali pada pukul sekian akan melakukan proses backup data yang ada pada folder "sharing" secara otomatis.

Ada beberapa alternatif yang sudah saya coba, salah satu dan satu-satunya adalah menggunakan rsync. Tetapi kendalanya adalah aplikasi rsync ini harus diinstal juga pada komputer client (CMIIW). Apabila saya hanya menginstallnya pada mesin server, rsync ini tidak dapat mengenali folder yang di sharing di sisi client (CMIIW). Sebenarnya ada alternatifnya, yaitu mengistall rsync (versi w*nd*w$) di komputer client. Kemudian membuat schedule agar rsync tersebut otomatis dijalankan pada waktu-waktu tertentu. Tetapi solusi ini bagi saya terlampau melelahkan, karena saya harus satu persatu menginstall dan membuat schedule pada masing-masing komputer client.

Mohon masukan dari rekan-rekan sekalian cara yang paling efisien untuk melakukan hal tersebut. Apabila memungkinkan yang harus saya lakukan hanya mengkonfigurasi "backup server" saja tanpa perlu mengutak-atik komputer client.

Terima Kasih.

Regards Widodo.

___________________________________________________________ NEW Yahoo! Cars - sell your car and browse thousands of new and used cars online! http://uk.cars.yahoo.com/