> ini bagan network saya :
> internet <---router<-----gateway/proxy<------mailserver
>                                         |                            |
>                                         +----------------client LAN
>

> ada beberapa yang saya tanyakan :
> 1. saya coba telnet dari dalam mailserver sendiri tidak bisa masuk
>     $telnet localhost 25 or $telnet localhost 110
>     saya coba dari luar mailserver yg masih 1 blok IP (local), Bisa.
>     kira2 penyebabnya apa ?

apakah firewall di mailserver anda jalan....?
coba nmap mail server anda untuk localhost, apakah port 25 dan 110 nya kebuka?

> 2. saya test menggunkan outlook di client, dan bisa kirim, tapi kok
> belum keterima diluar LAN(gmail dll) atau didalam LAN (email lokal)
> 3. saya kirim dari luar (gmail) ke email saya juga tidak bisa masuk

apakah mail server anda sudah didaftarkan di DNS server anda...?
apakah port 25 nya udah bisa diakses dari luar (public)?

> 4. dimana kita mengecek 'log' baik saat ada email masuk / atau email
> keluar / email antrian ?

coba di /var/log/maillog

> 5. mailserver saya (webmail/pop/smtp) tidak bisa diakses diluar, namun
> dalam 1 LAN (local) bisa.

bisa banyak sekali penyebabnya...
service nggak jalan, di blok di firewall.
settingan anda belum benar...

--cokki--
Linux can help figure out stuff that make me feel like a complete IDIOT