to Rekan2 Milis,

sebelumnya saya Mohon maaf kalau pertanyaan ini menjadi berulang-ulang,
ada beberapa tahapan yang sudah saya lakukan sebagai tahapan membuat mail
server sbb :

> 1. Beli domain name
untuk domain ini saya sudah mencoba untuk daftar domain gratis di
no-ip.info (belajar.no-ip.info), apakah bisa di pergunakan untuk mail
server.

> 2. Langganan internet yg dedicated, sehingga dapat IP Public. Kalo ngga
> bisa, ntar bisa diakalin pakai jasa free DNS service.
layanan internet saya pergunakan adsl speedy limited, saya sudah coba
untuk instalkan no-ip.duc.tar.gz software dari no-ip yang kata mereka bisa
langsung meng-update ip dynamic dan bekerja seperti ip static.

> 3. Setel DNS local untuk domain kamu.
kalau stel DNS ini apakah menginstall bind yang kemudian saya seting
sesuai dengan domain gratis yang saya daftarkan.

Mohon Bantuan rekan2,

Terima Kasih,
Teguh.