saya juga pemula, ini efektif buat saya :
1. baca (beli/pinjam/download) buku linux
2. beli/copy cd/dvd linux, install di komputer sendiri
3. eksplorasi linux di komputer sendiri, jika muncul masalah, yakinkan diri dapat mengatasinya, berusaha terus untuk menemukan solusinya, sendiri. 4. jika tidak dapat mengatasinya sendiri, tanya teman pemakai linux, jelajahi situs resmi distro yang kita pakai dan situs solusi linux lainnya, tanya di milis 5. update your linux system and your linux knowledge : internet, koran, majalah, workshop, seminar, training 6. terus belajar sambil berbagi pengetahuan linux kita dengan teman-teman kita
7. bekerja/berwirausaha dengan bidang yang berhubungan/menggunakan linux

AndiSugandiā„¢ wrote:
Salam,

Terulang lagi, saya sedikit kebingungan menjawab pertanyaan tersebut.
Saya membutuhkan masukan dari pengalaman Linux-er semua agar saya dan
newbies yang lain bisa belajar secara efektif.

Cara belajar Linux dengan benar (sistematis, terurut) versi saya:
1.
Cari teman yang pernah meng-install Linux, minta diajarkan cara
meng-install Linux.

2.
Install Linux (dual boot untuk sementara) dengan benar secepatnya!

3.
Cari informasi tambahan di Internet (milis, situs), majalah, dan
seminar/workshop tentang Linux.

4.
Lakukan eksplorasi Linux secara mandiri (atau bersama-sama?), cari
solusi!, share ke Linux-er yang membutuhkan, dan buat catatan hasil
eksplorasi.

5.
Apabila telah siap, aplikasikan kemampuan Linux-nya sesegera mungkin!

6.....?

Adakah urutan yang salah, step yang tidak tepat?

Hasil pencarian saya di google hanya memberikan tips aplikatif, tidak
menyebutkan urutan benar yang saya cari:
http://www.google.com/search?q=%22cara+belajar+linux%22

Terima kasih atas kesediaannya mengoreksi :)

and thanks in advance.

Regards,
Andi S.

--