On Thu, Aug 16, 2007 at 05:46:48PM +0700, Arief Yudhawarman wrote:
> kalau saya berpikir posotif saja, biar orang2 yg pakai layanan
> hosting sendiri di luar telkom pada pindah ke telkomhosting :-)
> Di luaran banyak yg jual domainpop dan smtp service link IIX
> mulai dari Rp 50.000,-/bulan. Mail hosting telkom sendiri
> paling murah Rp 1.140.000,- space 100MB dg 20 mailboxes.

tidak juga. justru kalau saya pemilik hosting lebih seneng,
karena tidak perlu menyediakan smtp auth, dan tidak perlu
menghabiskan bandwidth (untuk mengirim) dan jadi bersih
komplen untuk trafik 'outbound'.

dan kalau mereka 'bebal' terhadap laporan spam/abuse, saya
tinggal memblokir bbrp ip saja. dari pada harus meregex untuk
mencari pattern pola PTR record untuk pelanggan personal mereka
(dan ISP lain baik di indonesia maupun di luar), doh ...
ketik C spasi D.

kamsiah Telkom, you saved my day :-)

Salam,

P.Y. Adi Prasaja