On Fri, Aug 17, 2007 at 01:45:50AM +0700, adi wrote:

> tidak juga. justru kalau saya pemilik hosting lebih seneng,
> karena tidak perlu menyediakan smtp auth, dan tidak perlu
> menghabiskan bandwidth (untuk mengirim) dan jadi bersih
> komplen untuk trafik 'outbound'.

Itu kalau smtp telkom mau men-deliver-kan email2 yg bukan
berasal dr domain yg mereka kelola. Sudah saya coba tes telnet
ke mail.telkom.net.id port 25 saya kirim dr domain sendiri dan
rcpt-nya ke telkom.net dan yahoo. Yang ke telkom diterima:

$ telnet mailgate.telkom.net.id 25
Trying 202.134.0.147...
Connected to mailgate.telkom.net.id.
Escape character is '^]'.
220-mailgate2.telkom.net.id 147 ESMTP Mon, 20 Aug 2007 10:39:13 +0700.
220 UBE, porn, and abusive content not allowed.
mail from:<[EMAIL PROTECTED]>
250 OK
rcpt to:<[EMAIL PROTECTED]>
250 Accepted
rcpt to:<[EMAIL PROTECTED]>
550 We don't handle mail for yahoo.com
quit
221 mailgate2.telkom.net.id closing connection
Connection closed by foreign host.

Kalau Pak Adi mempunyai pelanggan2 yg pakai koneksi speedy mau
tidak mau kalau ingin pelanggannya tetap setia ya kudu kulonuwun
ke abuse telkom :-) Atau kalau tidak ingin repot ya buat port
non 25 misal 2525 shg bisa tembus router speedy :-).

--

Terimakasih sebelumnya dan sesudahnya.

Salam,

~~ Arief Yudhawarman ~~