On Sat, Aug 18, 2007 at 05:58:28PM -0700, Doni Andri Cahyono wrote:
>     Support berkurang karena apa?
>     Pelanggan (asumsi personal) kan tinggal 'tarik' dan 'kirim' email saja.

pelanggan (telkom) jadi tidak mungkin menggunakan smtp auth saya,
kecuali beda port (pakai port submission misalnya). karena tidak
pakai smtp saya u/ outbound delivery, berarti kalau ada masalah dengan
pengiriman mail, jadi tidak bisa komplen ke saya dong :D

dengan dipaksa u/ selalu pakai smtp telkom, berarti beban support
pindah ke telkom.

>       Ok, kalau yang ini sepakat.  Hanya saja urusan ptr record dari
>       pelanggan B harusnya jadi beban telkom kalau gitu :-).

saya sendiri selalu dapat pengalaman bagus soal setting PTR ini,
tinggal minta ke ISP, beres. biasanya gitu. tapi kenyataannya,
banyak yang belum diset, masih pakai default PTR dari ISP, dan
bahkan kalau PTR ini di-reverse-lookup lagi (cari A RRs) malah
gak ada biasanya (NXDOMAIN) :D

bahkan, ada cerita perusahaan X berlanggan ke ISP A dan mau
mengirim ke ISP B. berhubung X masih pakai default PTR dari ISP
A, mail direject ISP B (policy reason). X diminta untuk mengubah
PTR-nya dengan meminta bantuan ke ISP A. X ngotot kalau tidak
berlanggan ke ISP A walaupun jelas pakai block IP ISP A ha..ha..

Salam,

P.Y. Adi Prasaja