On 9/24/07, Kupang JC <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Saat ini memang webserver dan database (MySQL) masih
> digabung di satu server. Hardisk masih sangat besar,
> dari 2 x 180 GB baru terpakai 3%. Setiap partisi punya
> volume yang besar. Memori pada saat server di luar
> peak hours berlimpah dengan resource, berikut capture
> top-nya:
>
> Tasks: 195 total,   1 running, 194 sleeping,   0
> stopped,   0 zombie
> Cpu(s): 37.4%us, 10.2%sy,  0.0%ni, 51.1%id,  1.2%wa,
> 0.0%hi,  0.0%si,  0.0%st
> Mem:   2074452k total,   684648k used,  1389804k free,
>    53608k buffers
> [...]
Menurut aku sih, free space di hard disk itu tidak terlalu masalah.
Yang masalah mungkin adalah kecepatan akses hard disk nya, dan
kecepatan transfer data nya. File Server saya akan sangat terasa
lambat apabila ada copy file yang besar dilakukan (saya menggunakan
SATA 120 Gb). Untuk itu solusi SCSI dan RAID akan sangat membantu.

Untuk urusan tweaking mysql dan apache, mungkin Bapak bisa mengikuti
tutorial sebelumnya. Kalau dah berhasil mohon di share juga ya Pak :)

--
Jo
UNIX Is a simple operating system, but you have to be Genius to understand it.