2008/11/17 Muhammad F.R. <[EMAIL PROTECTED]>:
> Haloo semua,
>
> Minggu kemaren saya membantu salah SMA di Jakarta untuk install Zimbra
> di mesin server mereka, untuk menjajaki seberapa powerfull zimbra ini.
> Installasi semua dengan prosedur sukses tanpa masalah. Tapi pada waktu
> instalasi zimbra, beberapa service harus dinonaktifkan seperti mysql,
> postfix, dan apache. Yang ingin saya tanyakan selain zimbra ada
> aplikasi lain yang berjalan diserver yang sama. Seperti moodle, forum,
> dan blog yang semuanya memakai apache dan mysql sebagai backendnya.
> [...]

Sebaiknya Zimbra jangan disatukan dengan aplikasi lain seperti Web
Server Apache, MySQL dll

Hal ini karena Zimbra menggunakan Port 80 untuk Jetty (pengganti
Tomcat) dan port 3306 untuk MySQL.

Beberapa komponen yang terdapat pada Zimbra :

Web server  Jetty
Database Server MySQL
Antivirus Clamav & AMAVIS
Anti Spam SpamAssasin