2008/11/17 Muhammad F.R. <[EMAIL PROTECTED]>:
> Betul Pak, zimbra jalan normal di GNU/Linux Open Suse 10.2 /10.3 saya
> sudah mencoba pada distro tersebut. Cuma yang jadi masalah karena
> apachenya bawaan Open Susesnya di stop akhirnya Forum, Blog, moddlenya
> ngga jalan. Sepertinya memang pada waktu instalasi Zimbranya portnya
> harus dirubah ke port yang lain sehingga tidak bentrok.
>
> Wah senang sekali mendengar bawa zimbra sudah diintall dimana-mana
> jadi lebih bersemangat untuk membantu dunia pendidikan Indonesia
> supaya lebih maju dengan memakai produk Open Source. Terima kasih atas
> informasinya.

Sekedar pengalaman,

Kalau servernya cukup kuat, biasanya saya lebih memilih untuk
menggunakan virtualisasi dalam modus minimal. Misalnya saya punya
Server Xeon dengan RAM yang cukup besar (misalnya diatas 2GB), saya
bisa memilih untuk memasang forum, blog dan moodle di dalam virtual
box atau vmware didalam guest OS sedangkan Zimbra diinstall di
hostnya.

Dalam beberapa pertimbangan, virtualisasi ini malah lebih aman karena
mudah recoverynya. Saya lebih menyarankan Zimbra dipasang di host
karena dibandingkan ketiga aplikasi tadi, Zimbra lebih banyak
menggunakan resource (tentu saja tergantung tingkat aktivitas
masing-masing aplikasi).

--
Best Regards,

Masim "Vavai" Sugianto