adit wrote:
> yg saya tangkap dari thread ini kita berbicara penghematan, betul ?
>
> dan penghematan ada kaitannya dengan pengeluaran, seberapa banyak uang
> yang dikeluarkan ?
>
> sudah jelas kalo berbicara pengeluaran, OS propietary itu lebih mahal
> ketimbang OS open source kan ?
>
> dan kalo hanya berbicara kebutuhan, virtualisasi juga itu tergantung
> kebutuhan kan, tidak semua organisasi butuh virtualisasi ?

Duh, top posting lagi. Baca peraturan dulu deh mas...

Yang namanya virtualisasi, hanya mensimulasikan hardware. Booting
virtual machine sama kayak booting PC, tetap butuh OS. Artinya dengan
mengubah dari 3 mesin menjadi 1 mesin, tetap akan butuh 3 OS. Dengan
skema ini, biaya untuk OS tidak berubah sama sekali. Yang menjadi hemat
adalah biaya hardware.

Jadi dari awal, virtualisasi TIDAK ada kaitan dengan biaya OS, karena
memang tidak relevan dimasukkan ke penghematan yang akan didapatkan
melalui virtualisasi.

Makanya Anda mohon pelajari dulu apa yang dimaksud dengan virtualisasi
yang dibahas oleh mas achmad di awal thread ini. Ujug2 nyeletuk
propietari OS yang ga ada hubungannya sama sekali dengan pembahasan.

Udah ah, jadi debat `agama` gini. OS BUKAN AGAMA, tetapi hanya tools.

PS:
Bicara tentang propietari, Anda sendiri pamer id skype yang PROPIETARY
ck...ck...ck...

--
Donny Kurnia
http://hantulab.blogspot.com