2008/11/27 st SABRI <[EMAIL PROTECTED]>:

> saya tidak yakin, virtualisasi bisa menggantikan HARD WARE .... serangkaian
> LOAD tidak bisa dipindahkan ke mesin virtual didalam mesin yang sama, LOAD
> yang besar memang membutuhkan tambahan hard-ware.
>
> Virtualisasi tidak disarankan untuk menggantikan Hard Ware, virtualisasi itu
> "development" tools, lebih diperuntukan buat testing.
>
> misal kita butuh 6 server, ndak bisa diganti 1 server + 5 virtual dalam 1
> mesin itu, ditanggung ambrol.

Kalo menurut saya Virtualisasi memang harus pake hardware top markotob...
yang jelas 1 serper akan hemat listrik ac dll...

deployment saya biasanya web... kadang mail... bahkan dalam bbrp
cabang terminal service
dan LTSP saya jadi VM lho... padahal service ini rakus RAM... tapi
yang jelas development nggak
pernah soalnya nggak pernah deploy dev server :P ...

eh omong2 server ubuntu-id.org khan Virtual Private Server pak...

--
Wisu Suntoyo
http://www.bigwisu.com