2008/11/27 st SABRI <[EMAIL PROTECTED]>:

> Unsur penghematan memang ada, tapi menurut saya tidak bisa serta merta kalo
> memang butuh 3 kemudian bisa jadi 1 dan yang 2 di-virtualkan. Tidak semua
> LOAD bisa dibebankan ke virtual machine. Kalo ya ... pasti  lah seluruh
> operator telpon seluler cukup membeli 1 hard ware, yang 97 virtual machine
> :=)) bisa-bisa ane mau nelpon wisu, nyambungnya ke wulan
>
> Maksud saya, virtual tidak 100% substitutif dengan HW
>
> ./sts

Bro Sabri,
Boleh tanya apa bedanya fisikal H/W server dengan virtual ?
untuk tambah memori, virtual tinggal klik saja, utk tambah space
virtual tinggal klik saja.... untuk clustering, virtual tinggal
drag-n-drop saja untuk pindahin VM ke fisikal H/W lain :) bila ingin
di-maintenance.

Bila ingin trial VMWare gratisan bisa coba VMWARE ESXi. Gratis sih,
tapi fitur minimalis, banyak fitur yang di-non-aktifkan. terutama
fitur VMOTION nya yang dapat dengan mudah memindahkan VM dari satu
fisikal ke fisikal lain. Kekurangan VMWARE yang lain, license nya per
fisikal processor, kalo server ada 4xQuadCore license nya jadi
muahaaal banget :(