> [...]
> mengakses maka permision di bagian other nya di set
> agar memungkinkan user lain dapat mengakses.
>
> contoh :  rwx rw- r--
>              U    G   O bentuk seperti itu berarti user yang bersangkutan
> memiliki full access user lain namun "satu group" memiliki akses baca dan
> tulis/hapus dan user lain juga bukan satu group hanya "read only".
>
> untuk lebih enaknya mungkin bisa mencoba dasar2 linux shell script. akan
> terasa lebih jelas.
>
> mungkin itu yang saya bisa bantu. mohon maaf kalau ada kekeliruan dan mohon

Salam Kenal juga... :D
Nambahin dikit
bisa pake angka juga kawan (Maaf,tak Copas ya..)

dimana masing2 bagian ditandai dengan karakter rwx.
r  = 4 : menyatakan hak akses untuk membaca
w = 2 : menyatakan hak akses untuk menulis / menghapus
x = 1  : menyatakan hak akses untuk eksekusi (jika file berupa program
atau script)
            atau hak untuk masuk ke dalam suatu direktori.

Trus tinggal maen tambah-tambahan aja..

contoh :  rwx rw- r--
              7    6   4
brarti rwx=4+2+1 rw=4+2 r=4