agus ashad wrote:
salam kenal sebelumnya.
' sekedar intermezo , saya sudah lama melihat id anda dan cara anda mengirim
pesan. sepertinya anda cewk yach.
saya salut kalau cewek juga mau ikutan pake slack.

saya inget waktu kuliah, ditempat saya linux dah jadi salah satu mata kuliah
wajib. dan saya merasa beruntung karena
dengan begitu jadi tau linux.
kasus seperti ini mendasar sekali pada pembahasan linux shell script dan file
akses.

oke deh coba bantu yach.

file atau direktori di sistem linux atau unix-like memiliki hak akses. sehingga
sistem mendukung multi user.
hak akses itu sendiri terbagi menjadi 3 bagian
User     :
Group
Other
dimana masing2 bagian ditandai dengan karakter rwx.
r : menyatakan hak akses untuk membaca
w : menyatakan hak akses untuk menulis / menghapus
x : menyatakan hak akses untuk eksekusi (jika file berupa program atau script)
   atau hak untuk masuk ke dalam suatu direktori.

contoh :

hak akses  tiap file  atau direktori hanya di sign ke user yang bersangkutan.
namun user yang lain memungkinkan untuk mengakses ( baca / tulis / eksekusi)
sesuai dengan hak akses yang ada pada bagian group atau other.

jadi kalau ingin lebih dari satu user bisa mengakses file yang sama maka user
tersebut
harus satu group dengan user yang memiliki file. dan group permision nya di set
agar dapat diakses
misal : rw-. jika user yang lain dan bukan satu group di ijinkan untuk
mengakses maka permision di bagian other nya di set
agar memungkinkan user lain dapat mengakses.

contoh :  rwx rw- r--
             U    G   O bentuk seperti itu berarti user yang bersangkutan memiliki full access user
lain namun "satu group" memiliki akses baca dan tulis/hapus dan user lain juga bukan satu
group hanya "read only".

untuk lebih enaknya mungkin bisa mencoba dasar2 linux shell script. akan terasa
lebih jelas.

mungkin itu yang saya bisa bantu. mohon maaf kalau ada kekeliruan dan mohon
koreksi dari teman2 yang lain juga.

Salam Kenal juga... :D
Nambahin dikit
bisa pake angka juga kawan (Maaf,tak Copas ya..)

dimana masing2 bagian ditandai dengan karakter rwx.
r  = 4 : menyatakan hak akses untuk membaca
w = 2 : menyatakan hak akses untuk menulis / menghapus
x = 1  : menyatakan hak akses untuk eksekusi (jika file berupa program
atau script)
            atau hak untuk masuk ke dalam suatu direktori.

Trus tinggal maen tambah-tambahan aja..

contoh :  rwx rw- r--
              7    6   4
brarti rwx=4+2+1 rw=4+2 r=4
:D blajar berhitung...
~# chmod 764 file.ext
--
orang bingungs...
echo 'ashad*b-~gma-l:c+m' | sed -e 's/~/@/' -e 's/-/i/g' -e 's/:/./g'

ya memang gitu.
sayang ya kita jauh. mungkin kalau dekat kita bisa lebih banyak berbagi