Nyoman [D] wrote:

> Sorry.. lupa ngasih info distronya.
>
> Saya install wine di Ubuntu HH, pakai sudo apt-get install wine
> Dan semua file instalannya ada di
> /home/usersaya/.wine/drive_c/Windows
> /home/usersaya/.wine/drive_c/Program Files
>
> :(
>
> Nyoman.

Seperti yang saya bilang, .wine ini untuk menyimpan data aplikasi. Dari
email yang lain saya simpulkan bukan wine-nya yang mas Nyoman maksud
tidak bisa diakses user lain, tapi aplikasi yang jalan pake wine, betul
tidak?

Solusinya, kalau install aplikasi, jangan pakai path default. Arahkan ke
direktori lain yang bisa diakses oleh user2 lain. Di Windows pun, saya
jarang install aplikasi ke Program Files, selalu ke direktori lain.

Wine menganggap folder .wine/drive_c sebagai virtual drive C yang akan
dikenali oleh aplikasi2 yang jalan diatasnya. Ingat bahwa ini emulasi.
Aplikasi tetap menganggap ini windows.

Coba buat folder di /opt. Misal game x, buat dulu folder di /opt/x,
chmod folder ini agar bisa ditulis oleh user2 yang diinginkan. Install
game x lewat wine ke folder ini. Nanti untuk menjalankan, user Anda dan
user lain tinggal melakukan perintah wine /opt/x/file.exe.

Semoga saya tidak salah tangkap masalahnya.

--
Donny Kurnia
http://hantulab.blogspot.com