2009/1/28 Ali Milis <mi...@lc.vlsm.org>:

> Mengapa? Biasanya distro dibuat untuk digunakan bersama...
> Kalau hanya sendiri, mengapa tidak mendownload packet-packet
> yang diinginkan?

Betul sekali. Saya lihat banyak yg bikin2 distro tanpa mau commitment
utk maintain. Kalo bikin doang mah termasuk bagian yg gampangnya. Yg
susah itu maintainnya. Kalo tujuannya cuma supaya ada paket2 yg
terinstall by default mah bukan alasan yg cukup utk bikin distro
sendiri. Cukup bikin metapackage aja yg depend ke semua paket2 yg mau
diinstall by default, trus tinggal install metapackage tsb (contohnya:
'kubuntu-desktop' di ubuntu).

Jangan buang2 waktu dan tenaga utk bikin distro sendiri kecuali punya
alasan yg bener2 mantep dan masuk akal. Utk belajar gpp, tapi kalo
sampe diseriusin sih menurut saya buang2 waktu dan tenaga kalo
alasannya tidak cukup berarti. Sayang banget. Mending waktu dan
tenaganya dipake utk membangun distro yg sudah ada utk jadi lebih
baik.

Ronny