2009/1/28 Fajran Iman Rusadi <faj...@gmail.com>:

> BlankOn itu sebenarnya juga berupa metapackage. Coba saja tambahkan
> repo BlankOn dan instal blankon-desktop.

Ya, kalo memang begitu, ini approachnya menurut saya sudah betul.
Seandainya saja dibuat jelas dari awal bahwa untuk menggunakan BlankOn
*tidak harus* download cd image dan menginstall dr scratch, menambah
repo dan install blankon-desktop pun bisa. Kesan yg saya dapat kalo ke
websitenya blankon itu kalo mau pake blankon pertama kali itu satu2nya
cara cuma download cdimage dan install dari scratch.

Buat bbrp orang, seperti saya, ganti distro itu bukan hal kecil. Jadi
untuk membuat keputusan harus benar2 research dan punya informasi yg
cukup, bahkan untuk mencobanya saja. Nah kalo saya gak tau persis apa
yg membedakannya dr Ubuntu, maka saya gak punya cukup informasi untuk
membuat keputusan.

> Namun BlankOn bukan sekedar pilah-pilih paket yang ada di Ubuntu lalu
> dibuatkan metapackage (dan berlanjut menjadi CD) saja. Ada paket-paket
> tambahan (paket khas BlankOn) yang dimasukkan. Saat ini lebih banyak
> berupa artwork.

Harusnya dibuat jelas juga apa aja tepatnya yang membedakan BlankOn
dari Ubuntu. Seperti saya bilang, ganti/memulai menggunakan distro itu
seharusnya an informed decision, jadi harus tau dulu alasannya apa
("kenapa gak pake ubuntu aja?").

> Tuk terjemahan, yg saya tahu penerjemahan dilakukan melalui Launchpad
> (yang akan dipakai oleh Ubuntu juga dan entah diteruskan ke upstream
> atau tidak). Namun kadang juga langsung dimasukkan ke BlankOn tanpa
> harus menunggu Ubuntu membuatkan paketnya terlebih dahulu.

Ini memang repot, mirip seperti upstream Ubuntu ke Debian. Tapi
minimal tim BlankOn tidak perlu pusing maintain paket2 Ubuntu yg lain,
cukup ngurusin paket2 yg spesifik BlankOn aja. Makanya saya bilang
approach ini udah betul. Buat yg ngotot mau mulai bikin2 distro
sendiri, saya anjurkan mendingan jangan. Kalo bener2 ada alasan yg
kuat dan berdasar, ya gunakanlah approach seperti BlankOn ini.

Ronny