2009/1/28 Adi Nugroho <a...@internux.co.id>:

> Tiap distro beda konsep.
>
> Kalau saya pengguna OpenSUSE.
> Di OpenSUSE, dari sononya sudah berbahasa Indonesia.
> Jadi, tidak perlu bikin distro baru.
> Kalau ingin distro berbahasa Indonesia, maka saat instalasi OpenSUSE, tinggal
> pencet [F2], lalu pilih bahasa Indonesia.
>
> Bahkan, Basa Jawa juga ada :)
>
> Bisa jadi, ini dimungkinkan karena OpenSUSE itu berbasis DVD.
> Jadi bisa memasukkan banyak bahasa dalam satu keping DVD.
>
> Kalau ubuntu beda konsep.
> Karena ubuntu adalah distro yang berbasis CD, maka memang mesti selalu bikin
> [...]

Mas Adi,

Faktor bahasa, sama aja. Ubuntu juga sediakan versi DVD yang dukungan
bahasanya lengkap. Tapi kalopun versi CD yg dipake, bahasa Indonesia
tetep bisa di install lah. Karena Ubuntu, base on Debian, reponya
sejak jaman purba dah komplet banget dengan software macem2 tuh.
Pernah nyoba reponya Ubuntu/Debian?

Sedangkan turunan dr Ubuntu, bukan karena beda konsep. Karena Ubuntu
nggak pake EULA jadi flexibel skali untuk dimodifikasi. Dan karena
faktor kemudahannya ini serta lagi hit, shingga banyak skali berbagai
pihak membuat turunannya. Dan ini tetep nggak jadi masalah. Karena
Ubuntu repo tetep bisa dimasukin. Dan tetep saja itu semua Ubuntu ;-)

---
http://rippingthepenguin.blogspot.com