On Thu, 16 Jun 2005, The_Eye_In_The_Sky wrote:
> Jadi heran sendiri, padahal jaman kuliah, dengan uang saku beli software
> asli, dan semangat ngajarin orang. Yang saya takutkan dari perkembangan
> software sekarang ini adalah matinya proses reward and contribution ke
> software development + support itu sendiri, karena kemalasan manusia
> sendiri. Kalo bisa gratis dan tinggal disuapin, kenapa kudu bayar dan
> usaha?

Dulu masih suka denger khotbah kalo pake OpenSource S/W itu keuntungannya
kita bisa lihat source-code-nya dan ngoprek sendiri. Sekarang baru tahu
kalo saya cuman kelas leech dan mungkin juga masih banyak orang yang
melakukan hal yang sama.

Reward n contribution? saya sih ndak sepinter itu bisa ngasi kontribusi.
Paling juga bisa make doang buat nyari duit.

BTW, tidak mencoba untuk generalisasi, dulu waktu di SD katanya negara
kita merupakan negara yang suka gotong-royong atau saling membantu.
Contohnya saja kalo bersiin got dan siskamling (hayo ngaku, sapa yang
masih suka menjadi financial supporter :-). Apakah ini juga berlaku juga
untuk Software development?

thx
.dave

http://www.davidsudjiman.info