On 11/10/05, Oskar Syahbana <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Gara - gara ada tret yang ngomongin Web 2.0, jadi keinget sama topik yang
> satu ini. Sebenarnya model bisnis dominan Web 2.0 itu apa sih? Dari
> pengamatan saya yang engga begitu mendalam, kayaknya mayoritas motor
> penggeraknya dari iklan ya?
>
>  Google, semua servisnya memang gratis tapi pake iklan.
>  Yahoo, walaupun dulunya duitnya dari servis berbayar dan pengiklan kelas
> kakap, sekarang udah mulai main ke contextual advertising
>  del.icio.us, ini ada iklannya ga sih? Sumber duitnya dari mana?
>  Flickr, iklan jelas (dan account premium, tapi kabarnya sumber duit ini
> [...]

Ada yg bilang bisnis di web ini masalah popularitas. Jadi kalo anda
tahu del.icio.us, saya juga tahu del.icio.us, teman anda dan saya juga
tahu, ini bisa jadi indikasi kalo website itu sukses. Misalnya seperti
bloglines dia bisa tetap hidup tanpa iklan karena data feed dia udah
kerjasama dengan askjeeves. Tapi terus terang ini pengamatan bisnis
internet di amrik, kalo di Indonesia belum ada spt ini setahu saya.

--
rofiq

Kirim email ke