On 1/13/06, Ronny Haryanto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Dari yg saya perhatikan sepertinya platform Windows Mobile untuk PDA lebih
mendominasi yah. Saya udah coba sendiri juga develop simple PDA application
pake Visual Studio 2005, memang simple sekali. Denger2 pake J2ME ribet banget
yah?

Belum pernah pake J2ME tapi udah pernah coding dikit - dikit under  J2SE dan kayaknya emang lebih ribet bila dibandingin sama C#, apalagi yang udah pake framework .NET

Cuma ya OS-nya itu saya nggak suka, karena rasanya gak gitu stabil, entah
OS-nya atau driver bawaan vendornya, atau PDA-nya sendiri. Bluetooth sering
bermasalah, kadang2 searching terus gak berhenti2, pernah sampe hang, harus
soft reset.

Gampang kok mas, masalahnya engga separah PC. Tinggal softreset yang engga sampe 5 detik juga sudah beres lagi :). Kadang ada memory leak, tapi ga tau yah Windows CE yang baru. Tapi itu lagi - lagi berbalik pada pemrograman programnya sendiri.

Ini jadi dilemma buat saya utk develop. Di satu sisi saya ingin aplikasinya
bisa independen terhadap platform (jangkauan luas), tapi alternatifnya tidak
begitu bagus (belum banyak support dan device terbatas).

Kalau mau programming untuk PDA ya pilihannya sekarang tinggal PocketPC dan Symbian. Dan berhubung yang memakai Symbian baru Nokia, dan beberapa minoritas produsen handphone, ya mau ga mau memang harus coding under Windows CE yang menurut saya sudah sangat luas jangkauannya. Semau platform kan udah pake ini :) (well nyaris semua sih).

Sementara ini kebetulan saya masih fokus ke bagian business logic di backend,
jadi saya masih develop pake Mono di Linux, baru kalo mau demo ke supervisor
saya bawa ke Visual Studio 2005.

Kalo ada masukan apa pun mengenai development di PDA, saya akan sangat
menghargai.

O ya, aplikasinya yg lagi saya kerjakan ini untuk mendeteksi kondisi jantung
yg extreme dan butuh immediate medical attention (seperti VF/VT), terutama di
pasien yg resiko tinggi (misalnya baru pulang operasi). Aplikasinya jalan di
PDA dan menggunakan bantuan bbrp sensor (skrg baru satu), yaitu bluetooth
enabled ECG sensor (2-lead) dan 2-axis/3-axis accelerometer. Rencananya
aplikasinya mau dibuat open-source. Kami mengadaptasi algorithm utk heart
beat detection dan analysisnya dr yg sudah ada dan kebetulan open source
juga. Agak ngos2an juga, soalnya saya sebelumnya buta soal cardiology dan
electrocardiography, skrg pun masih meraba2 walaupun ada bbrp ahli cardiology
yg kebetulan membantu juga.

Hm, ayah saya kebetulan (eh... ini sih takdir Tuhan ya?) adalah dokter kardiologi. Mungkin bisa dibantu :).

--
Oskar Syahbana
http://www.permagnus.com/

Kirim email ke