Syukur atuh Abah kalau dalam kondisi Fit mah, mudah-mudahan sehat
selalu ya Abah;)

Terlepas dari definisi yang Abah buat mengenai eksklusif dan inklusif.

Menurut Abah sendiri adakah kebenaran dalam agama/kepercayaan lain
jika kita merefer kepada Qs.5:42-48.

Untuk lebih jelasnya saya kutip Qs.3:199

Dan sesungguhnya di antara ahli kitab ada orang yang beriman kepada
Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kamu dan yang diturunkan
kepada mereka sedang mereka berendah hati kepada Allah dan mereka
tidak menukarkan ayat-ayat Allah dengan harga yang sedikit. Mereka
memperoleh pahala di sisi Rabbnya. Sesungguhnya Allah amat cepat
perhitungan-Nya. (QS. 3:199)

juga pada Qs.59:2

Dia-lah yang mengeluarkan orang-orang kafir di antara ahli kitab dari
kampung-kampung mereka pada saat pengusiran kali yang pertama....

di dalam Qs.2:62 pun di sebutkan tentang kebenaran yang ada dalam
agama atau kepercayaan lain di luar islam yang dibawa kanjeng Nabi
Muhammad saw sbb

Sesungguhnya orang-orang mu'min, orang-orang Yahudi, orang-orang
Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang
benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh,
mereka akan menerima pahala dari Rabb mereka, tidak ada kekhawatiran
terhadap mereka, dan tidak (pula) meereka bersedih hati. (QS. 2:62)

Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, Shabiin dan
orang-orang Nasrani, siapa saja (diantara mereka) yang benar-benar
beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, maka tidak ada
kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.
(QS. 5:69)

Jelas di dalam Al-Qur'an sendiri DIAKUI ADANYA PLURALISME, YAITU
KEBENARAN DALAM AGAMA DAN KEPERCAYAAN masing-masing penganutnya.

Tidak hanya dalam ruang lingkup YAHUDI DAN NASRANI tapi Qur'an
menegaskan dengan kata SHABIIN yang berarti orang-orang yang mengikuti
syaria Nabi-Nabi atau Rasul, sedangkan secara tegas dalam Al-Qur'an di
jelas bahwa Allah SWT mengutus banyak Nabi dan Rasul dari kalangan
masing-masing, siapa kah Nabi atau Rasul dari kalangan china, india,
melayu dll??

Lalu Kami utus kepada mereka, seorang rasul dari kalangan mereka
sendiri (yang berkata):"Sembahlah Allah oleh kamu sekalian,
sekali-kali tidak ada Ilah selain daripada-Nya. Maka mengapa kamu
tidak bertaqwa (kepada-Nya). (QS. 23:32)

Menurut Abah, apakah dari ayat2 yang ada di dalam Al-Qur'an sendiri
tidak terlihatkah bahwa Qur'an melegalkan/mengakui adanya pluralisme?
bahwa kebenaran itu ada di dalam agama dan kepercayaan2 lain yang
dianut manusia?

kedua, Abah menanyakan mana Zabur, mana Taurat dan mana Injil sekarang
ini? karena keterbatasan pengetahuan saya, mungkin hanya bisa
memberikan contoh keberadaan Taurat dan injil hanya sedikit saja
sekarang ini.

Silahkan Abah lihat di dalam Qs.5:45

Dan Kami telah tetapkan terhadap mereka di dalamnya (At-Taurat)
bahwasannya jiwa (dibalas) dengan jiwa, mata dengan mata, hidung
dengan hidung, telinga dengan telinga, gigi dengan gigi, dan luka
(pun) ada kisasnya. Barangsiapa yang melepaskan ( hak kisas) nya, maka
melepaskan hak itu (menjadi) penevus disa baginya. Barangsiapa tidak
memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu
adalah orang-orang yang zalim. (QS. 5:45)

ini sama tercantum di dalam Perjanjian Lama (Taurat), yang saya ambil
dari website nya di SABDA.org. pada Keluaran 21:24 dan ulangan 19:21

Ini sama dengan di dalam Perjanjian Baru ( Injil) sbb:

Matius 5:22-26

Kamu telah mendengar yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan
membunuh; siapa yang membunuh harus dihukum.
5:22    Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap
saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir!
harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil!
harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala.
5:23    Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas
mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu
terhadap engkau,
5:24    tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah
berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan
persembahanmu itu.
5:25    Segeralah berdamai dengan lawanmu selama engkau bersama-sama
dengan dia di tengah jalan, supaya lawanmu itu jangan menyerahkan
engkau kepada hakim dan hakim itu menyerahkan engkau kepada
pembantunya dan engkau dilemparkan ke dalam penjara.
5:26    Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya engkau tidak akan keluar dari
sana, sebelum engkau membayar hutangmu sampai lunas.

Bukankah yang terurai di dalam ayat2 di atas adalak konsep pema'afan
yang disebutkan dalam Qs.5:45???

dan kedua hukum balasan (keadilan) dan hukum Rahmat (kasih sayang) ada
di dalam Qur'an sebagai bukti bahwa Qur'an sendiri adalah
konitunuitas/kelanjutan dari hukum/syariat2 yang telah ada pada kitab2
sebelumnya??

Dan jika kamu memberikan balasan, maka balaslah dengan balasan yang
sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu. Akan tetapi jika kamu
bersabar, sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang
sabar. (QS. 16:126)

Abah, di dalam Qs.5:44

Dijelaskan bahwa Allah telah memerintahkan, menetapkan adanya
orang-orang yang tetap memelihara kitab2 Allah (Zabur, Taurat dan
Injil) sampai hari kiamat

Sesungguhnya Kami telah menurunkan Kitab Taurat didalamnya (ada)
petunjuk dan cahaya (yang menerangi), yang dengan kitab itu diputuskan
perkara orang-orang Yahudi oleh nabi-nabi yang menyerah diri kepada
Allah, oleh orang-orang alim mereka dan pendeta-pendeta mereka,
disebabkan mereka diperintahkan memelihara kitab-kitab Allah dan
mereka menjadi saksi terhadapnya....Qs.5:44

Chae

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "H. M. Nur Abdurrahman"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Lakum Diynukum wa Liya Diyn itu bukan pluralisme tetapi keberagaman
(pluralitas). Pluralisme itu eksklusif, pluralitas itu inklusif.
> Lakum Diynukum wa Liya Diyn itu inklusif tidak eksklusif. Memang
dalam Qur'an dinyatakan secara tegas mengenai kebenaran dari
kitab-kitab Zabur, Taurat dan Injil juga risalah yang dibawa oleh para
Nabi sebelum datangnya Nabi Muhammad saw, tetapi mana itu Zabur,
Taurat dan Injil? Yang ada sekarang bukan Zabur, Taurat dan Injil,
melainkan itu hanya terjemahannya saja, tidak seperti Al Quran, ada
bahasa aslinya. Ini inklusif. Tidak bisa diparalelkan antara yang ada
bahasa aslinya dan yang ada cuma terjemahannya saja. Kita tidak bisa
pegang hanya yang terjemahan saja. Teologi Trinitas, Dosa Warisan dari
Adam dan Penebusan itukan dari terjemahan Injil, apa itu mesti
dibenarkan juga menurut aqidah kita, tidak bukan?, jadi inklusif.
Dalam terjemahan Taurat bahwa yang akan dikorbankan itu Ishaq harus
dibenarkan juga? Itu tidak boleh kita benarkan (inklusif), sebab itu
menyangkut Syari'at kita, Rukun Islam ke-5. 'Ibadah Haji iru berdasar
atas Ismail yang akan dikorbankan, yang menyangkut Nabi Ibrahim AS,
ibunda Sitti Hajar dan remaja Isma'il.

> Jadi harus hati-hati, dan akurat dalam bidang aqidah dan Syari'at,
karena aqidah dan Syari'at itu inklusif, tidak eksklusif. Hanya aqidah
dan Syariat kita yang benar, yang lain salah, karena yang lain itu
hanya berdasar atas terjemahan saja. Namun dalam realitas kita akui
keberagaman itu,. Sepakat dalam hal keberagaman, itulah inti dari:
Lakum Diynukum wa Liya Diyn yang inklusif, yang pluralitas, bukan
pluralisme.