kang DP,

A. saya tanggapi lagi tetapid engan catatan bahwa :
1. diskusi ttg osama dan teman temannya merupakan diskusi baru diluar ttg
pertanyaan ttg masalah "bias" tadi.
2. anda saya anggap setuju bahwa memang ada sikap bias dalam website
tersebut, terutama dalam pemilihan keyword.  saya pribadi sich setuju saja
masalah conguer, conguest dan sebagainya masuk, tapi keyword yg saya ajukan
juga boleh donk dimasukkan juga he he he ... karena ragam islam justru
esensinya bukan di masalah perang saja.

tentang osama,

1. ada informasi sebelumnya yg kita sama sama tahu bahwa dia adalah
recruitan CIA juga
2. kita tahu bahwa dunia timur adalah sisa sisa jajahan dari banyak negara
barat.  banyak konflik yg tersisa di sana, kemiskinan, kurangnya akses thd
pendidikan, kekerasan yg jadi makanan sehari ria, tidak tegaknya law and
order dan sebagainya.
3. pada saat yang sama kita sedang digerus globalisasi.  berbagai bentuk
perlawanan pun muncul, dari yg paling halus sampai paling keras.  kelompok
halaqoh, Nu, Muhi, kelompok tarekat, pks, FPI dan gerakan terorisme seperti
imam samudra, amrozi dan pun usamah bin ladin adalah perwajahan dari itu
semua.

tiga poin itu sepakat gak kira kira ?

kalau kiranya cukup bersepakat, kita tidak akan sulit mencari benang merah
bagaimana fakta usamah ini bisa berkelindan menghasilkan performa seperti
sekarang ini.

B. Ada contoh yg negara yg sedang resah juga.  Timor Leste.  di website
alumni saya, www.ikastara.org cari thread tentang nimbrot rumaropen.  Adik
kelas saya, Felipe Nery Bernardo yg sekarang sudah menjadi warga negara
Timor Leste mengeluhkan kondisi negaranya, dia jadi staf di LSM
Internasional di sana, bercerita tentang derita negerinya.  dimana harga
harga super dupper mahal, level harga melebihi singapore dengan kemakmuran
di level terendah.  Dan Xanana sudah mulai dihujat seperti jaman bung Karno.
Gaji menteri yg hanya $ 700 sudah masuk hitungan tidak mampu membiayai hidup
sehari hari sehingga "wajib" korupsi.  Rakyat sudah tiak bisa lagi menerima
hentakan pidato ideologis, mereka butuh makan dan hidup normal.

Dan dia dan rekannya senang banget kalau rupiah lagi melemah, soalnya bisa
main ke indonesia dengan sukacita karena duitnya jadi "banyak".  maklum
mereka hdup dengan dolar.

salam,
Ari Condro