Menarik sekali Pak Wida.

Stereotyping yang Anda lakukan itu sangat jamak dan tak hanya Anda
yang melakukannya, melainkan juga dilakukan pihak yang Anda serang
itu (yaitu Barat) terhadap Anda (yaitu Islam). Coba saja ganti kata-
kata Barat dalam posting Anda dengan Islam, maka kita akan menemukan
stereotyping yang sama (kejamnya) walo berbeda deskripsinya.  Jika
Pak Wida bersikukuh mengasosiasikan Barat dengan seks bebas maka
(ada sebagian orang) Barat yang mengasosiasikan Islam dengan
perendahan martabat manusia berjenis kelamin perempuan dst (you name
it, lah, ada buanyak kan stereotyping negatif tentang orang Islam).

"Modus" yang dipakai untuk meyakini kebenaran dari stereotyping itu
pun sama dengan yang dilakukan pak Wida yakni melalui media.  Pak
Wida menunjuk media film dan pihak sana mendasarkan argumennya dari
pemberitaan media massa. Dan ini sangat kuat untuk membuat kedua
pihak ini percaya penuh loh, lihat saja komentar Pak Wida yang gagah
pada posting Ni Londo, saya kutip ya " Bukan Fantasi Ni Londo . Kira-
kira begitulah gambaran yang diberikan melalui film2 Holywood dan
film seri dari Barat. Tidak salah juga kan  kalau kemudian kita
menarik kesimpulan demikian? 8-) ."

Padahal posting Ni Londo menyebut sebuah riset (yakni ilmiah)
sedangkan media film yang dirujuk pak Wida, sebagaimana kita tahu,
mostly adalah kisah fiktif, yang biasanya didramatisir sedemikian
rupa supaya laku dan ditonton orang. Contoh saja, di Holywood
sekarang ini kisah koboi jagoan semacam kisah klasik Karl May udah
nggak laku dan dibuatlah Brokeback Mountain yang mengangkat kisah
cinta dua koboi yang gay, adegan cium bibirnya bikin beberapa
penonton pria muak tuh tapi ini jadi  nominator best film academy
award 2006, Bahkan film yang mengangkat biografi pun, macam
Alexander (Iskandar yang Agung) kalo udah dibesut Holiwut juga
jadi "jorok", si Colin Ferel ciuman bibir di film itu dengan seorang
lelaki penari. Alexandernya, menurut film ini, ternyata biseks..:(

Begitu juga sebaliknya, pihak Barat yang menjustifikasikan
stereotyping betapa negatifnya (orang) Islam itu melalui pemberitaan
media Barat seharusnya kan tidak boleh menafikan betapa biasnya
media massa mereka itu. Apalagi CNN dan kelompoknya  Murdoch yang
memang cenderung hawkish dan  rada rasis itu. Keberpihakan media
masa-nya Murdock (yang hawkish ini) sampai dibikinin dokumenter
segala (Alhamdulillah saya udah nonton :)). Orang Amerika banyak
yang kaget ketika tahu liputan Al  Jazeera yang menayangkan korban
perang Irak ternyata menelan ratusan (ribuan?) anak-anak dan
perempuan yang selama ini TIDAK diberitakan media masa mereka.

So, jika Pak Wida belum berkesempatan ke Barat untuk melihat sendiri
separah apa free sex yang blio sebutkan itu, saya sarankan untuk
nonton film yang bagus, CRASH misalnya..:)). Dan mari kita resapi
kata kunci dari film Crash yang diucapkan Matt Dillon (seorang
polisi yang penuh dedikasi tapi rasis) pada partner kerjanya (yang
tidak rasis) "Apa kamu pikir kamu tahu siapa dirimu sesungguhnya?"
dan sebelum si partner yang tidak rasis itu menyahut, Matt Dillon
menambahkan begini "You have no idea!"

BTW kalo nonton Crash dan kurang lancar listening boso enggresnya,
mending ke bioskop aja dah ato nunggu dvd originalnya keluar, pokoke
jangan beli yang bajakan karna sayang, dialognya yang bernas bakalan
nggak "terbaca".

salam,
rita, yang (masih aja) seneng banget Crash akhirnya jadi film
terbaik Oscar 2006..:))

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, [EMAIL PROTECTED] wrote:

> [...]
seluruh
> masyarakat Barat. Dan semoga sebagian besar masyarakat Barat tidak
> demikian. Atau itu hanya di sebuah negara Barat yang liberal saja,
tidak
> di semua negara Barat yang masih menjunjung tinggi nilai agama dan
> kesopanan. Tapi diatas semua fakta itu, sulit untuk tidak
menyimpulkan
> demikian bagi budaya Barat dari Indonesia sini yang dibanjiri oleh
film
> Holywood, situs porno dan VCD porno. 8-)
>
> Sedihnya, sudah ada generasi muda Indonesia yang ketularan membuat
VCD

http://messenger.yahoo.de

> Milis Wanita Muslimah
> Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun
masyarakat.
muslimah/messages