Baiklah saya mengerti, saya rasa kita tidak bisa menilai suatu bangsa atau
budaya dari hanya apa yang kita dengar dan saksikan dari filmnya. Atau
media-media lain yang sampai kepada kita. Betapapun derasnya informasi
yang sampai kepada kita ttg gambaran suatu budaya / bangsa, ternyata TETAP
TIDAK MENUTUP KEMUNGKINAN BAHWA hal-hal yang seperti itu ternyata
minoritas bukan mayoritas, sebagian kecil dan bukan sebagian besar dari
masyarakatnya atau budayanya. 8-)

Salaam...

"Ary Setijadi Prihatmanto" <[EMAIL PROTECTED]>
Sent by: wanita-muslimah@yahoogroups.com
03/22/2006 12:22 PM
Please respond to
wanita-muslimah@yahoogroups.com

<wanita-muslimah@yahoogroups.com>
cc

Subject
Re: [wanita-muslimah] Re: Barat dan Free Sex,

Bang Wida,

Namanya juga film Bang Wida,
selain produk budaya tapi juga suatu komoditas ekonomi.

Bagaimana kalau kita melihat bangsa Indonesia dari telenovelanya Punjabi.
Atau dari sinetron-sinetron misteri yang marak belakangan ini.
Bukankah itu mayoritas produk budaya sinematografi kita?
Apakah hal itu bangsa kita kira-kira spt. itu?

IMHO, Kita bisa mendapatkan hint ttg bangsa itu dari produk suatu bangsa
termasuk film.
Tapi nggak bisa setelanjang itu dong mengambil hint-nya.
Film itu spt. orang mimpi ttg ide-ide, ada obsesi, ada trauma, ada
ketakutan2, ada otokritik

Makin lama saya melihat,
selain beberapa hal yang sifatnya artifisial,
manusia di manapun dia berasal sebetulnya isi kepalanya sangat mirip.

Salam
Ary