Saya sependapat Pak Wida bahwa suatu masalah tidak bisa hanya dilihat
dalam satu konsep dosa semata. Bahkan ada satu lelucon yang mengatakan
bahwa dosa itu mah meledos teu karasa;)

mungkin lebih baik jika kita saling nasehat-menasehati dengan landasan
logika yang realitis. dulu kalau anak kecil enggak mau makan suka di
takut-takutin pak Satpam atau ada polisi, sekarang mah udah enggak
zaman, anak kecil lebih  bisa kerja sama jika diberikan alasan yang
logis dan masuk akal seperti kalau tidak makan bisa sakit dan kalau
sakit harus minum obat sedangkan obat terasa pahit:)

Dan kalau tidak salah Rasul dan para sahabatnya lebih banyak berdakwah
melalui sikap teladan. Kayaknya dakwah melalui sikap teladan lebih
memberikan "pencerahan" tapi ini baru kayaknya..