kang Ary,

KKN dalam budaya indonesia itu adanya di seluruh badan, setelah 98
yang diepanggal cuma kepalanya, tapi leher, dada, tangan, kaki,
dengkul, tumit semua masih dijalari KKN bahkan tambah parah. Uniknya
UU Otonomi yang tadinya didesain sebagai SERUM untuk mengobati
kekecewaan daerah atas model sentralisasi, menjadi alat transmisi
korupsi yang efektif. Pasca otonomi, investai justru menghadapi 2
birokrasi yang merasa sangat sangat berkuasa. Jaman ORBA kalau ada
urusan, asal dah beres di Jakarta, ke daerah SEMUA BERES. Sekarang
beres di Jakarta belum tentu beres di daerah yg pejabatnya bisa lebih
degil dari arab paling degil.

soal buruh, saya amati yang paling sering terjadi konflik itu antara
pengusaha pabrikan dan buruh pabrikan. Saya tak tahu apakah yang demo
kemarin termasuk BURUH PABRIK ROKOK ? kayaknya pabrik rokok agak
jarang deh mengalami masalah perburuhan sampai tingkat konflik dan
hantam-hantaman.

sekarang saya di tuban, bekerja untuk mengambil bagian dalam aktifitas
kilang petrokimia yang baru. Sangat jarang terjadi perselisihan
perburuhan dalam proyek-proyek semacam ini. Para pkerjanya sudah sadar
benar bahwa semua ini sifatnya proyek dan diperkajan dalam jangka
waktu tertentu (kalo nikah namanya Nikah Mut'ah). Secara pribadi, saya
hanya punya satu periode bekerja untuk pabrikan (Pabrik furniture
kayu). Kayaknya karena tingkat pendidikan buruh pabrikan yang
rata-rata rendah sangat mudah dihasut. (Note : saya juga cuma
mengantongi ijasah sma).

lagian saya memang sangat tidak suka cara2 aksi pengerahan masa ini,
efektifitasnya rendah resikonya sangat besar. Khan lebih baik cara
Yehudi ..... LOBBYING :=)) efisien.

salam

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Ary Setijadi Prihatmanto"