Jenis makanan yang diharamkan dalam Tawrat hanya untuk ummat Nabi Musa AS
seperti dinyatakan dalam Taurat dan juga hanya berlaku bagi ummat Nabi 'Isa
AS seperti dinyatakan dalam Injil, seperti tercantum dalam Matius 4:18.
Sedangkan yang diharamkan bagi ummatnya Nabi Muhammad SAW seperti termaktub
dalam Al Quran:
Diharamkan atas kamu memakan bangkai, darah, babi, dan hewan yang disembelih
bukan atas nama Allah, hewan yang mati karena tercekik, karena terpukul,
karena jatuh, karena ditanduk binatang lain, dan hewan yang (sisa) dimakan
binatang buas (S. Al-Maaidah, 5:3).

Btw Hukum Taurat bukan hanya menyangkut makanan saja.
Bacalah => (Ulangan: 27:15-26)
Terkutuklah orang yang membuat patung pahatan atau patung tuangan, suatu
kekejian bagi TUHAN, buatan tangan seorang tukang, dan yang mendirikannya
dengan tersembunyi. Dan seluruh bangsa itu haruslah menjawab: Amin! 15
Terkutuklah orang yang memandang rendah ibu dan bapanya. Dan seluruh bangsa
itu haruslah berkata: Amin! 16
Terkutuklah orang yang menggeser batas tanah sesamanya manusia. Dan seluruh
bangsa itu haruslah berkata: Amin!  17
Terkutuklah orang yang membawa seorang buta ke jalan yang sesat. Dan seluruh
bangsa itu haruslah berkata: Amin!  18
Terkutuklah orang yang memperkosa hak orang asing, anak yatim dan janda. Dan
seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!  19
Terkutuklah orang yang tidur dengan isteri ayahnya, sebab ia telah
menyingkapkan punca kain ayahnya. Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata:
Amin!  20
Terkutuklah orang yang tidur dengan binatang apapun. Dan seluruh bangsa itu
haruslah berkata: Amin!  21
Terkutuklah orang yang tidur dengan saudaranya perempuan, anak ayah atau
anak ibunya. Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!  22
Terkutuklah orang yang tidur dengan mertuanya perempuan. Dan seluruh bangsa
itu haruslah berkata: Amin! 23
Terkutuklah orang yang membunuh sesamanya manusia dengan tersembunyi. Dan
seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!  24
Terkutuklah orang yang menerima suap untuk membunuh seseorang yang tidak
bersalah. Dan seluruh bangsa itu harus berkata: Amin!  25
Terkutuklah orang yang tidak menepati perkataan hukum Taurat ini dengan
perbuatan. Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!" 26 (Ulangan:
27:15-26)

Sikap Yesus thd Hukum Taurat => Matius 4:17-18:
Janganlah kamu menyangka, bahwa aku datang untuk merombak Hukum Taurat atau
Kitab Para Nabi. Aku datang bukan untuk merombaknya, melainkan untuk
memenuhi/mengabulkanya (to fullfil). Karena sesungguhnya Aku berkata
kepadamu: selama langit dan bumi belum lenyap, satu titik pun sekali-kali
tidak akan dihapus dari isi Hukum Taurat itu sampai semuanya terjadi. Karena
itu barang siapa yang menghapus salah satu perintah Hukum Taurat meskipun
yang paling kecil, dan mengajarkannya kepada orang lain, ia akan menduduki
tempat paling rendah dalam Kerajaan Sorga.

***

Sikap Paulus terhadap Hukum Taurat
Sebab dengan mati-Nya (tubuh Yesus yang disalib) sebagai manusia la telah
membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk
menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya dan dengan
itu mengadakan damai sejahtera. (Afesus 2:15)
Kamu tahu, bahwa tidak seorangpun yang dibenarkan oleh karena melakukan
hukum Taurat, tetapi hanya olen iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kamipun
telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman
dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: "Tidak
ada seorangpun dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat." (Galatia
2:16)

HMNA:
Kalau Hukum Taurat itu dibatalkan (yang sama sekali tidak dikehendaki Yesus:
"selama langit dan bumi belum lenyap, satu titik pun sekali-kali tidak akan
dihapus dari isi Hukum Taurat itu"), maka tidak akan ada hukum atau
pembalasan atau sanksi bagi pelanggar Hukum Taurat tsb dalam (Ulangan:
27:15-26). Coba ambil satu butir saja: "orang yang menggeser batas tanah
sesamanya manusia". Kalau tidak ada sanksi atas pelanggaran ini, maka yang
berlaku adalah hukum rimba. Siapa yang kuat punya preman banyak, tanah-tanah
petani miskin habis dilahap semua. Yang kuat makan yang lemah.