BISMILLA-HIRRAHMA-NIRRAHIYM

WAHYU DAN AKAL - IMAN DAN ILMU
[Kolom Tetap Harian Fajar]
623. Intelektual Muslim yang Keranjingan Hermeneutika

Istilah hermeneutika berkaitan dengan mitos dewa Yunani Kuno yang bernama
Hermes, yang memiliki kebiasaan "memintal". Mitos memintal ini mengungkap
dua hal dalam hermeneutika, yaitu: pertama, memastikan maksud, isi suatu
kata, kalimat, dan teks, kedua, menemukan instruksi-instruksi dibalik
simbol. Hermeneutika tidak terlepas dari asumsi-asumsi dan adanya
purbasangka (prejudice) spekulasi intelektual.

Ada asumsi spekulasi intelektual dari Fazlur Rahman, gurunya Nurcholis
Madjid, yaitu bahwa Al Quran adalah "both the Word of God and the word of
Muhammad". Asumsi ini bernuansa hermeneutika filosofis. Asumsi ini berpijak
pada paradigma (kerangka dasar) bahwa Al Quran bukanlah teks yang turun
dalam bentuk kata-kata aktual secara verbal, melainkan merupakan spirit
wahyu yang disaring melalui Nabi Muhammad SAW dan sekaligus diekspresikan
dalam tapal batas intelek dan kemampuan linguistiknya. Nabi Muhammad SAW
sebagai penerima wahyu diposisikan sebagai "pengarang" Al Quran. Fazlur
Rahman tidak faham perbedaan antara Al-Quran dengan Hadits Qudsyi. The Word
of God adalah Al-Quran dan both the Word of God and the word of Muhammad
adalah Hadits Qudsyi. Inilah latar belakang mengapa ada sementara kaum
intelektual Muslim yang "keranjingan" hermeneutika untuk mengkaji Al Quran,
dengan bertitik tolak dari sikap "meragukan" mushhaf (teks) Al Quran Rasm
(ejaan) 'Utsmaniy.

Dalam 24 jam, sekurang-kurangnya 17 kali ummat Islam bermohon kepada Allah:
-- AHDNA  ALSHRATH  ALMSTQYM (S. ALFTht, 1:5), dibaca: ihdinash shira-thal
mustaqi-m (s. alfa-tihah), artinya: Tunjukilah kami kepada Jalan yang Lurus.
Allah SWT menjawab permohonan hambaNya itu dengan:
-- A-L-M . DZLK  ALKTB  LA RYB  FYH  HDY  LLMTQYN (S. ALBQRt 2:1-2), dibaca:
alif, lam, mim . dza-likal kita-bu la- rayba fi-hi hudal lilmuttaqiyn (s.
albaqarah), artinya: Alif, lam, mim . Itulah Al Kitab tiada keraguan di
dalamnya petunjuk bagi para muttaqin.

Ayat (2:1) alif-lam-mim adalah kode matematis

                    Tabel Alif, Lam, Mim
  No.    Nama                           Jumlah huruf
Surah   Surah        Mim   Lam    Alif  Alif,Lam,Mim
    2   alBaqarah    2195  3204   4592      9991
    3   Ali 'Imraan  1251  1885   2578      5714
    7   alA'raaf     1165  1523   2572      5260
   13   alRa'd        260   479    625      1364
   29   al'Ankabuwt   347   554    784      1685
   30   alRuwm        318   396    545      1259
   31   Luqmaan       177   298    348       823
   32   alSajadah     158   154    268       580
             Jumlah  5871  8493  12312     26676  = 1404 x 19

Dalam ayat (2:2) ada tanda tiga titik (seperti titik pada huruf 'tsa' dan
'syin') terletak diatas kata "RYB" dan "FYH". Tanda tiga titik diatas dua
kata tsb dalam ayat (2:2) menunjukkan mu'jizat lughawiyah, yaitu ayat (2:2)
dapat bermakna dua yg keduanya mempunyai keutamaan masing-masing. Ada dua
cara dalam membaca ayat (2:2) tersebut, yaitu dapat berhenti pada kata RYB,
dan dapat pula berhenti pada kata FYH. Kedua cara bacaan tersebut
menghasilkan penekanan dalam bobot yang berbeda, namun yang satu dengan yang
lain saling bersinergi, saling mengisi.

Mari kita baca ayat (2:2):

Cara yang pertama, berhenti pada kata RYB: Dza-likal kita-bu la- rayba,
berhenti sebentar kemudian dilanjutkan dengan fi-hi hudal lil muttaqi-n.
Kalau kita membaca serupa ini maka maknanya ialah: Itulah Al Kitab tiada
keraguan, pernyataan tegas dari Allah bahwa Al Kitab tiada keraguan
sumbernya dari Allah SWT, kemudian dilanjutkan dengan: di dalamnya
mengandung petunjuk bagi para muttaqin. Jadi cara membaca yang pertama ini
bobotnya pada penegasan dari Allah SWT bahwa tiada keraguan bahwa Al Kitab
bersumber dari Allah SWT.

Apa itu Al Kitab ? Dalam bahasa aslinya Kitab akarnya dari Kef-Ta-Ba artinya
tulis. Artinya Al Kitab itu adalah Teks. Jadi cara membaca yang pertama ini
adalah penegasan dari Allah SWT bahwa tiada keraguan Teks itu bersumber dari
Allah SWT. Tabulasi penjabaran ayat (2:1), yaitu alif-lam-mim sebagai al
muqaththa'aat (potongan-potongan huruf) persekutuan dari 8 surah menunjukkan
pula bahwa Teks itu bersumber dari Allah SWT, sebab mana mungkin Teks itu
dapat dikarang oleh manusia.

Alhasil paradigma bahwa Al Quran bukanlah teks yang turun dalam bentuk
kata-kata aktual secara verbal, melainkan merupakan spirit wahyu yang
disaring melalui Nabi Muhammad SAW yang diekspresikan dalam tapal batas
intelek dan kemampuan linguistik beliau, ditolak oleh ayat (2:1-2). Maka
tersungkurlah juga asumsi spekulasi intelektual dari Fazlur Rahman yang
bertumpu pada paradigma itu, yaitu asumsi bahwa Al Quran adalah "both the
Word of God and the word of Muhammad".

Al Quran, baik makna maupun teksnya adalah dari Allah SWT. Nabi Muhammad saw
hanyalah sekedar menyampaikan, dan tidak mengapresiasi atau mengolah wahyu
yang diterimanya. Posisi Nabi Muhammad SAW dalam menerima dan menyampaikan
wahyu adalah pasif, hanya sebagai 'penyampai' apa-apa yang diwahyukan kepada
beliau.

***

Cara membaca ayat (2:2) yang kedua, berhenti pada kata FYH: Dza-likal
kita-bu la- rayba fi-hi, berhenti sebentar kemudian dilanjutkan dengan hudal
lil muttaqi-n. Cara membaca yang kedua ini bermakna: Itulah Al Kitab tiada
keraguan di dalamnya, menunjukkan bahwa tiada keraguan merupakan alat ukur
bagi orang-orang taqwa dalam potongan ayat yang selanjutnya: petunjuk bagi
para muttaqin. Jadi bobot cara pembacaan kedua ini ialah "tiada keraguan"
adalah "alat ukur" mengenai ketaqwaan kita. Kita dapat mengukur ketaqwaan
diri kita sendiri secara gradual haqqa tuqaatih (sebenar-benarnya taqwa)
seberapa jauh qalbu kita istiqamah (konsisten, taat asas), setiap kita
menghadapi suatu masalah, tidak terkecuali masalah "keranjingan"
hermeneutika untuk mengkaji Al Quran dalam kalangan kaum intelektual Muslim,
yang celakanya, bertitik tolak dari sikap "meragukan" mushhaf (teks) Al
Quran Rasm 'Utsmany. WaLlahu a'lamu bisshawab.

*** Makassar, 2 Mei 2004
   [H.Muh.Nur Abdurrahman]
====================================

BISMILLA-HIRRAHMA-NIRRAHIYM

WAHYU DAN AKAL - IMAN DAN ILMU
[Kolom Tetap Harian Fajar]
729. Apa itu Binatang yang Disebut Hermeneutika

Sebermula, Seri 729 ini direncanakan masih lanjutan jihad intelektual yang
saya emban (execute) melawan serangan-serangan para orientalis terhadap
Al-Quran, yaitu jihad lanjutan melawan serangan seorang orientalis yang lain
lagi yang bernama samaran Luxenberg. Namun karena banyaknya deringan telepon
yang saya terima yang menanyakan, yang salah seorang di antaranya memakai
ungkapan: Apa itu "binatang" yang disebut hermeneutika," maka jihad melawan
Luxenberg ini insya-Allah nanti dalam Seri 730 yang akan datang.

Hermeneutika lagi bertrend terutama buat yang berpaham liberal. Istilah
hermeneutika berkaitan dengan mitos dewa Hermes yang memiliki kebiasaan
"memintal" (spin), yang dalam realistasnya menurut Sayyid Hussain Nasr
adalah Nabi Idris AS, karena konon dewa Hermes dalam mitologi Yunani
tersebut menyampaikan pula warta para dewa kepada manusia, bahkan bukan
hanya sekadar menyampaikan, namun juga memberikan tambahan berupa ulasan.
Mitos ini mengungkap dua hal, pertama: memastikan maksud, isi suatu kata,
kalimat, teks,  kedua: menemukan instruksi-instruksi dibalik simbol.

Secara harfiah, kata ini pernah digunakan oleh Aristoteles (384-322) SM,
dalam karyanya: Peri Hermeneias, yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa
Latin dengan De Interpretatione; dan baru kemudian diterjemahkan ke dalam
bahasa Inggris dengan On the Interpretation. Sebelumnya, al-Fârabi
(870?-950) M, telah menterjemahkannya ke dalam bahasa Arab: Fi al-'Ibârah,
dan memberi komentar karya Aristoteles tersebut. Hermeneias yang dikemukakan
Aristoteles, hanya untuk membahas fungsi ungkapan dalam memahami pemikiran,
serta pembahasan tentang satuan-satuan bahasa, seperti kata benda, kata
kerja, kalimat, ungkapan, dan lain-lain yang berkaitan dengan tata-bahasa.
Ketika membicarakan hermeneias, Aristoteles tidak mempersoalkan teks,
ataupun mengkritik teks. Yang menjadi topik pembahasan Aristoteles adalah
interpretasi itu sendiri, tanpa mempersoalkan teks yang diinterpretasikan.

Binatang hermeneutika ini ibarat ulat bermetamorphosis menjadi kupu-kupu,
dimulai sejak para theolog Yahudi dan Kristen berusaha mengembangkan metode
dan aturan yang dapat memandu penafsiran dan mengevaluasi kembali teks-teks
dalam Bible yang sudah hilang teks aslinya yang dalam bahasa Hebrew Kuno
(Al-'Ibriyyah Al-Qadimah) untuk Perjanjian Lama dan bahasa Aram
(Al-'Ibriyyah Al-Jadidah) untuk Injil(*). Kemudian selama tahun-tahun
pertama abad ke sembilan belas, metode itu ibarat kupu-kupu malam(**)
terbang melebar menjadi hermeneutika umum oleh filosof dan theolog
Protestan, Friedrich Schleiermacher (1768-1834). Perkembangan hermeneutika
sangat berkaitan dengan filologi, alegori yang juga sebagai sistem
penafsiran terhadap teks.

Demikianlah hermeneutika itu bermetamorphosis lebih lanjut dari konteks
theologi ke dalam konteks filsafat yang telah dibidani oleh Friedrich
Schleiermacher tersebut. Maka tatkala hermeneutika itu ibarat kupu-kupu
malam telah terbang melebar bermetamorphosis ke filsafat, menjamurlah
serba-neka aliran yang menciutkan posisi hermeneutikanya Schleiermacher
menjadi hanya sebagai salah satu aliran hermeneutika yang ada. Selain
hermeneutikanya Schleiermacher, ada hermeneutikanya Emilio Betti
(1890-1968), seorang sarjana hukum Romawi berbangsa Itali; ada
hermeneutikanya Eric D. Hirsch (1928- ?) seorang kritikus sastra berbangsa
Amerika; ada hermeneutikanya Hans-Georg Gadamer (1900- ?) seorang filosof
dan ahli bahasa, dan lain-lain aliran-aliran, dsb.

Arkian, perkembangan hermeneutika mencapai puncaknya yang ekstrem keliwat
batas, yaitu menerobos masuk wilayah epistemologis. yaitu penafsiran
terhadap teks yang dibangun berdasarkan teori epistema (dari bhs Yunani Kuno
episteme), yang menyangkut tentang parameter pengetahuan berupa:
-- asal-usul,
-- anggapan,
-- karakter,
-- cakupan,
-- kecermatan,
-- keabsahan.

Hermeneutika epistemologis yang ekstrem ini digunakan oleh pengecer Mohammad
Arkoun dalam Rethinking Islam, (Kayfa na'qilu l-Islama, Bagaimana kita
mengakali Islam). Saya dapat menimba dalam debat saya vs Ulil Absar Abdalla
di cyber space, yang panglimanya komunitas yang menamakan diri Islam
Liberal, bahwa komunitas ini memakai hermeneutika epistemologis, yaitu
menurut mereka ayat-ayat Makkiyah bermuatan nilai universal, namun ayat-ayat
Madaniyah diciutkan posisinya oleh parameter cakupan menjadi hanya bermuatan
local, dan inilah yang menjadi paradigma yang dipakai oleh meraka dalam
pendekatan kontekstual. Seperti contohnya khimar (telekung) panjang menutupi
dada, itu bermuatan lokal, hanya wajib untuk daerah Arab yang
berpadang-pasir dan berdebu, yang secara kontekstual tidak cocok bagi negeri
seperti Indonesia ini. Karena hermeneutika epistemologis cakupan muatan
lokal tersebut, mereka tidak lagi mengenal ayat-ayat Qath'i. Ayat tentang
wajibnya khimar panjang yang qath'i sudah menjadi relatif.

-- WLYDHRBN  BKHMRHN  'ALY  JYWBHN  (S. ALNWR, 24:31), dibaca:
-- walyadhribna bikhumurihinna 'ala- juyu-bihinna (s. annu-r).
WLYDHRBN - walyadhribna dalam ayat (24:31) terdapat Lam Al Amr (Lam yang
menyatakan perintah), maka kata tersebut berarti: Diperintahkan kepada
mereka menutupkan, sehingga ayat (24:31) terjemahannya adalah:
-- Diperintahkan kepada mereka menutupkan khumur mereka ke atas dada mereka.
(Khumur adalah bentuk jama' = plural dari khimar, artinya tutup kepala, yang
di Indonesia ini tutup kepala yang dipanjangkan menutup dada itu disebut
"jilbab", padahal dalam bahasa Al-Qur'an: jalabib, bentuk jama' dari jilbab
adalah baju longgar yang panjang sampai mata-kaki yang menutupi lekuk-lekuk
tubuh).

Hermeneutika epistemologis dengan parameter anggapan memperanakkan paradigma
tritunggal: sekularisme - liberalisme - pluralisme, yang di atas paradigma
ini, komunitas yang menamakan diri Islam Liberal ini mengadakan pendekatan
kontekstual bahkan mengkritisi ayat-ayat Al-Quran. Seperti disebutkan di
atas itu, tidak ada lagi ayat Qath'i, ayat-ayat itu dijadikannya relatif.
Jadi terjadi pergeseran nilai, yaitu ayat-ayat Al-Qur'an direlatifkan,
sedangkan paradigma berupa parameter epistemologis yang ukuran akal itu,
dijadikannya mutlak. Wahyu menjadi relatif, akal dimutlakkan. Penggunaan
hermeneutika terhadap Al-Quran sudah merusak aqidah, karena akal sudah
mengungguli wahyu. WaLlahu a'lamu bisshawab.

*** Makassar, 28 Mei 2006
   [H.Muh.Nur Abdurrahman]
(*)
Injil = Perjanjian Baru minus Surat-surat Paulus
(**)
Kupu-kupu malam sayapnya senantiasa melebar, berbeda dengan kupu-kupu siang
yang kalau hinggap sayapnya menguncup.