Mas Ari berkata :
  well, bapak dan ibu mertua saya juga sedang berhaji kemarin itu, dan
mereka juga kena acara kelaparan, sampai dapat pembagian ransum gratis
dari dermawanyg ada. namun tidak membuat saya bertanya tanya, ada apa
dgn kelaparan dan kelakuan kita ......

  =======================

  Jano-ko

  Tujuan haji itu apa tho mas ? pasti mas Ari sudah tahu nglothok diluar
kepala. Setiap bulan puasa kita dengan niat ikhlas berpuasa karena Allah SWT,
kita tidak pernah bilang "kelaparan", yang namanya muslim dan muslimah itu ya
harus siap diuji Allah SWT, kapan saja dimana saja, kenapa harus heboh ?,

  Waktu saya masih kecil/balita dahulu, saya selalu mendengar cerita tentang
para haji yang berniat wafat didekat rumah Allah SWT tersebut, jaman sekarang
koq saya tidak pernah mendengar lagi cerita  tersebut dari para haji, yang saya
dengar dan saya lihat di TV
adalah..................................................................seharusnya
 kan kita harus bersabar saat diuji.

  Salam.

Ari Condrowahono <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
          btw, kang janoko,

ada yg bertanya tanya gak, kenapa pas haji akbar, para hajj kita justru
dapat cobaan kelaparan ? ada hubungannya gak, spend money untuk berhaji
ini, dengan kelaparan dan bencana yg melanda indoensia ini dan perilaku
korupsi yg terus terjadi, dan kejadian haji akbar di hari jum'at yg
seharusnya mulia kok diaksih cobaan, hanya ke jamaahhaji indoensia,
untuk berkelaparan ria. ?

[...]

rada rada mistis dikit ah. biar romatis agma muncul :p