Bung Aly,

Memang ada beberapa negara di Teluk yg berhasil membangun
kesejahteraan.  UAE dan Qatar saya kira contoh yg sangat baik.

Dan keduanya adalah spt yg Anda sebut Kerajaan Islam, bukan demokrasi
modern yg kita kenal.  Kalau tidak salah saya pernah bertanya apa
betul demokrasi itu cocok utk semua?  Yg diperlukan ialah ketertiban
dan keadilan bagi manusia utk maju.  Selama rajanya berniat menegakkan
keadilan maka rakyat pasti OK.  Tapi sering dalam sejarah raja itu
suka keenakan dan lupa lagi sama rakyat.  Ini yg mau dicegah.  Makanya
demokrasi dibentuk karena bukan demi kebebasan mengangkat pemimpin
negara melalui pemilu tapi kekuatan hukum utk MEMECATnya yg lebih
penting kalau udah enggak benar.  Selagi mulai masa jabatan semua
pemimpin akan manis2 dan berdedikasi. Honeymoon period.  Eh udah
kelamaan maka jadi keenakan dan terus semaunya. Ini kelemahan
universal manusia.

Terasa bagi saya zina dan aurat itu mewarnai obsesi dunia Islam. Dan
ini dampaknya sangat membatasi kehidupan seni misalnya. Padahal seni
pasti nyerempet2 aurat dan zina.  Tapi seni itu memperkaya kehidupan.
 Kalau semua yg nyerempet2 aurat dan zina dilarang ya maka kehidupan
akan lebih tandus.  Selama perut kenyang tandus ya enggak apa2, tapi
kalau sudah kenyang masih tandus juga, ya ngapain lagi dong hidup ini?
 Oleh karena itu saya menyayangkan juga terjadinya penandusan budaya
di pulau Jawa akibat pengaruh budaya padang pasir ini.

Seperti pengalaman saya di padang pasir Maroko, ya demikianlah Islam
lahir di padang pasir, bukan Sahara tapi Arabia.  Budaya padang pasir
itu khusus karena memang alamnya keras.  Akibatnya budaya itu ya
menyesuaikan alam yg keras dan tandus itu.  Bayangkan aja hiburan tiap
malam cuma nyanyi2 di api unggun dg rebana.  Ya masa kehidupan seni
cuma demikian? Padahal di Jawa ada gamelan, sendratari, lawakan, dsb
dsb. Jauh lebih kaya.  Dan keindahan ini semua mau ditukar dg budaya
padang pasir yg tandus?  Engga habis pikir saya.

Jadi dalam menegakkan agama kita juga harus lihat unsur budayanya spt
yg dilakukan oleh NU.  Budaya itu penting utk kehidupan.  Di Indonesia
terutama budaya Jawa yg basisnya Hindu itu tidak menerima budaya Arab
begitu saja sehingga perlu ratusan tahun utk masuk.  Mungkin sekarang
adalah akhir2nya dari budaya Jawa ini.  Sayang sekali memang.

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Muhammad Aly
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Tuk P Dana & ARi.
>
> itulah sgt di sayangkahn. satu kabupaten memiliki
> potensi oil/gas tp rakyat sekitar kabupaten tsb masih
> baanyaak yg miskin bahkan listrik pun masih ada yg
> belum dpt sampai sekarang.. Qatar pintar mengelolanya
> smp ada subsidi mahar gratis bwt bujangan yg mau kawin
> Rp75Jt dari kerajaan 2 minggu cair, kalau mau sekolah
> ke LN pemerintah sgt termakasih dibiayai penuh
> generasinya dan akan diberikan jabatan..
> Sistem negara Qatar : "SISTEM KERAJAAN ISLAM"
> hanya di qatar bebas tp mengikuti sistem dan org2 asli
> [...]

Kirim email ke