--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "rsa" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
> kan? Saya menulis buku2 Prof Ramadhan, dan tidak ada nama lain yang
> saya tulis. Gpp ... slip-of-the-finger-tips ... hehehe
>
> eniwei, benar, saya kira sec umum gambaran dari pengamatan bapak
> sejalan dengan apa yang ditulis oleh prof Ramadhan. Ada satu buku
> beliau yang mungkin bisa bapak baca, To Be A European Muslim: A Study
> of Islamic Resources in the European Context, terbitan The Islamic
> Foundation, 1990/1420 H. Sangat membantu memahami fenomena Muslim di
> Eropah dan Muslim Eropan, setidaknya dari sudut pandang prof Ramadhan.

DP: Sebenarnya tantangan muslim di Indonesia beda dg imigran di
Eropah, tetapi mungkin ada hikmahnya dipelajari supaya lebih
mengglobal wawasan kita.  Tantangan kita yg terutama ialah pendidikan
yg baik dan yg dapat bersaing di arena global.  Di Eropah imigran
muslim tinggal masuk sekolah demikian, di Indonesia sekolah spt itu
masih privilege orang kaya.

> rsa:
> Pendekatan Rasional? Maksud bapak? Apakah tidak ada pendekatan
> Rasional selama ini yang bapak amati? Setidaknya upaya individu atau
> kelompok yang sempat bapak amati di dunia pd umumnya, dan di
> Indonesia sec khusus? Selama ini tidak Rasional?

DP:  Contohnya ketidakrasional umat Islam di Indonesia itu kan banyak
sekali.  Misalnya tidak memecahkan permasalahan dg terstruktur dan
logis, terlalu mengutamakan wahyu dari akal, lemahnya sistem
pendidikan, rapuhnya sistem hukum, terlalu banyak mengandalkan doa utk
memecahkan permasalahan, lekas naik darah atas ketersinggungan
sentimen agama, tidak investment-minded, dsb, dsb.

> rsa:
> lho kalo yang namanya peninggalan kan berarti sudah tidak ada.
> Artinya, kalopun ada tapi tidak berwujud. Spt peninggalan majapahit.
> Yang ada ya yang pernah berpengaruh, spt candi, tapi tidak lagi
> berpengaruh. Sedangkan di Irlandia, atau seteru (religious tribalism,
> kalo istilah bapak) di manapun antara Kat-Prot itu masih ada. Apakah
> seteru antar agama masuk religious tribalism? Kalo ya tentu masih
> banyak fenomena ini sekarang ini, sehingga praktis bukan hanya
> sebatas islam/muslim saja.

DP: Peninggalan dalam arti kata prevailing, masih ada ...  Tribalism
itu kan kesukuan, suatu konsep kelompok yg sederhana.  Kesukuan
berdasarkan agama, kira2 begitulah religious tribalism.  Kalau kita
lihat masyarakat kesukuan spt di Papua kan sering perang suku tanpa
adanya alasan yg jelas, sering demi membela kebanggaan kesukuan dsb.
Biasanya juga sistem hukumnya masih basic, belum terstruktur, belum
canggih.

Sering saya lihat ada kecenderungan demikian dari beberapa kelompok
umat Islam.  Sebenarnya budaya Arab jaman RasuluLah itu masih kesukuan
tetapi kemudian menjadi khilafah atau kerajaan.  Pada saat jadi
kerajaan ada sistem yg lebih teratur, contoh di Spanyol.

> [...]
> itu tidak lain adalah ajakan untuk menjunjung ukhuwah, juga spt di QS
> 48:29? Justru upaya musuh islam adalah memecah belah ummat ini
> sehingga terkotak-kotak dalam batas negara dan makin mudah di devide-
> et-impera, menurut saya. Bukan berarti HARAM konsep negara, tapi
> ketika masuk unsur ashabiyah, mementingkan kelompok/suku/keturunan,
> tentu hanya mengulang peristiwa hampir seterunya kaum anshar dan
> muhajirin. Sayang saja upaya rasul memberangus perbedaan yang
> insignifikan ini sekarang seolah sia-sia. Lebih membela bendara dan

DP: Tantangan masa kini bukan hal ukhuwah saya rasa.  Itu tantangan
masa lampau.  Tantangan sekarang lebih kepada kesejahteraan,
pendidikan dan pemeliharaan lingkungan.

Ukhuwah itu adalah konsep kebersatuan sebelum ada konsep nation-state.
  Konsep yg longgar karena tidak ada ikatan definitif, lain spt
warganegara, ikatan hukumnya lebih definitif.

> Soal membuka diri, tidak semua hal asing itu perlu disikapi terbuka.
> Kita tetap harus selektif kan? Nah yang bapak maksud "mengalami
> kemajuan yg dahsyat" itu bagaimana? Dalam islam, maju itu tidak mesti
> identik dengan 'teknologi' tapi 'kosong ruhani'. Maaf, tapi di benak
> saya, India dan Cina itu tidak melulu maju karena terbuka, mengingat
> mereka adalah negeri2 yang mewarisi world's most ancient
> civilisation, bahkan warisan mereka itu masih ada hingga sekarang.
> Justru barat-lah yang karena 'terbuka' dan 'rakus' sekligus, maka
> sekarang bisa "mengalami kemajuan yg dahsyat" ...

DP: Sebenarnya India dan Cina itu pembuat polusi terbesar.  Kemajuan
peradaban Arab ialah karena mereka sangat membuka diri. Indonesia
cenderung utk selalu menutup diri.

Kirim email ke