Bung Satriyo,

Mengapa saya ingin membahas maslahat vs mudharat poligini, ialah
karena walaupun dibolehkan Allah dan disunnahkan Rasul, pada saat ini
di abad ke 21 di Indonesia terasa bahwa lebih banyak mudharat daripada
maslahatnya.

Mudharat terutama yg paling kritis ialah rusaknya struktur keluarga,
merasa terkhianatinya kaum perempuan dan pada gilirannya akan merusak
kualitas generasi ke depan.  Bagi saya mudharat ini tidak bisa
dibiarkan berjalan.

Dibolehnya poligini oleh Allah dan yg menurut Menag sebenarnya
celahnya kecil itu TIDAK BERARTI otomatis setiap laki2 muslim boleh
berpoligini sesuka hati demi menikmati hak istimewa itu.   Walaupun
diizinkan belum tentu sebaiknya dijalankan, terutama jika sikonnya
tidak mendukung.

Sebagai manusia berakal setiap keputusan besar yg berdampak pada orang
lain (perempuan) dan masa depan (anak2) harus dipikirkan masak2.
Kalau perlu kenyamanan dan hak istimewa laki2 itu kita tinggalkan demi
kemaslahatan bagi masyarakat luas.

Pilihan poligini itu adalah pilihan laki2 dan laki2 yg berakal tidak
akan menjalankan sesuatu yg bermudharat besar.  Point2 ini jarang saya
dengar dari para ulama kecuali alm. Prof Hamka, yg jelas2 pernah saya
dengar khotbahnya di televisi menganjurkan agar laki2 utk
mengendalikan kelaminnya.  Begitu ucapannya yg masih terngiang2 di
telinga saya.

Tentu Allah Maha Tahu, tetapi kita juga tahu bahwa mudharat poligini
lebih besar terutama dalam lingkungan yg relatif lebih kurang terdidik
sehingga tidak melihat dampak buruk yg lebih besar dan lebih jauh
wawasan waktunya: generasi ke depan.

Coba kita tanyakan pada preman2 di pinggir jalan, bagaimana kehidupan
mereka waktu kecil.  Hampir pasti semua adalah korban dari keluarga yg
ditinggal ayahnya yg tidak bertanggung jawab. Mereka tidak
berpendidikan dan tidak mengalami kasih sayang dan peran contoh dari
seorang ayah yg bertanggung jawab. Apakah situasi bodoh spt ini ingin
dipertahankan demi nama Allah?