Karena mba Hana bukan anggota milis ini, jadi komunikasinya rada
repot, ini terakhir saja kutanggapi. Tentu saja mba Hana boleh
menanggapinya.

Mba Hana, jadi mana dasar tafsiran atau hukum 'jilbab untuk
membedakan muslimah-kafir'?

Kok ditafsirkan begitu, padahal pada jaman Nabi perempuan kelas atas
non Muslim emang pake baju panjang, kerudung, penutup dada, bahkan
cadar? Dan sampe sekarang sebagian masih begitu?

Katanya mesti baca sejarah apa adanya..:-) Masak kalau maksudnya
untuk 'membedakan muslimah - kafir' malah menyuruh pake baju sama
dengan mereka non muslim pada waktu itu? Wah, coba pikir2 dulu
nalarnya mba Hana di sini.

Jadi 'mudah dikenali' di Quran bukan karena muslimah dan non muslimah
kan? Penjelasan yang lebih baik adalah mba Hana, mudah dikenali untuk
membedakan yang mana budak, yang mana perempuan (muslimah) yang
merdeka, supaya nggak diganggu.

Bagaimana dengan tawaran saya terdahulu, bahwa sekarang lebih adil
rasanya memandang bahwa perempuan muslimah dan non muslimah di
TimTeng punya kesamaan sejarah tentang cara berbusana - ketimbang
menpersepsikan itu untuk membedakan antara muslim dan kafir?

Lantaran tafsiran sempit begitu, mba Hana jadi bilang begini:
"...bunda theresiapun dan para biarawati juga suster2
> mencontohkan.Sedangkan bagi wanita muslimah perintah untuk
mengenakan kerudung dan jilbab lebih mendetail dan diwasiatkan
sebagai pembeda antara muslimah dan kafir. Lha..kalau masih ada
wanita yg nda kenakankeduanya, lalu agamanya apa dong??? *_*"

Maksud mba Hana, perempuan Muslim yang nggak pake jilbab, agamanya
bukan Islam?  Astaghfirullah.....kok jadi begini ya.

Salam
Mia

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "rsa" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
> sama aku..hehehehe
>

> perintah jilbab ada di al-ahzab : 59
>
> "Hai Nabi katakanlah kepada istri2mu, anak2 perempuanmu, dan istri2
> orang mukmin : "hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh
> tubuh mereka. yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk
> dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. dan Alah adalah maha
> pengampun lagi maha penyayang."
>
> jilbab yg dimaksud dalam ayat ini adalah baju kurung yg lapang dan
> dapat menutup kepala, muka dan dada.
>
> sedangkan kerudung hanya sebatas menutup kepala hingga ke dada (an-
Nur
> [...]
> hehehe
>
> nah..sept yg kamu jelaskan bahwa kebiasaan para biarawati nasrani
dan
> orang2 yahudi mereka membiasakan diri memakai pakaian berwarna
gelap,
> tapi..untuk wanita muslimah tidak ada perintah mengenai warna khusus
> dalam berpakaian. sedang menurut beberapa hadist yg pernah aku baca,
> aisyah lebih senang menggunakan warna2 cerah.
>
> terbukti kebenaran bunyi ayat al-ahzab : 59 yg memerintahkan wanita2
> muslimah agar menggunakan jilbab untuk LEBIH MUDAH DIKENAL kata2
UNTUK
> [...]
> perintah menjulurkan kerudung hingga ke dada, karena disamping sudah
> memakai bra, baju kemeja, maka perintahnya masih harus ditutupi oleh
> kerudung yg dijulurkan hingga ke dada, agar yg menjulang2 itu nda
> terlihat bentuknya..kecuali jika dadanya mba rita rata..:)hehehehe
>
> jadi bedanya adalah dan terbukti saat ini menjadi pembeda antara
> muslimah dan kafir yaitu :
>
> 1. saat ini tidak ada wanita kafir yg mau menggunakan kerudung yg
> diperintahkan dalam korintus 1, dan menjulurkan kerudung hingga ke
> dada (an-nur : 31) apalagi menggunakan jilbab (al-ahzab : 59)
kecuali
>   wanita2 muslimah. maka terbuktilah ayat al-ahzab : 59 yg diminta
> untuk menggunakan agar menjadi pembeda (mudah dikenali)
>
> 2. theresia, biarawati maupun suster2 hanya menggunakan kerudung
> (penutup kepala) yg tidak dijulurkan hingga ke dada, sedangkan baju
> panjang yg digunakannya dikhususkan yg berwarna2 gelap, sedangkan
> dalam islam tidak ada pengkhususan warna dalam berpakaian.
>
> nah..yg sekarang jadi pertanyaanku adalah jika masih ada wanita2 yg
> tidak kenakan kerudung or jilbab, hmm..kira2 agamanya apa ya..??
karena
> [...]
> kerudung dan jilbab lebih mendetail dan diwasiatkan sebagai pembeda
> antara muslimah dan kafir. Lha..kalau masih ada wanita yg nda

Kirim email ke