Salam semuanya,

0. Oleh karena itu istilahnya "seakan-akan..." padahal sebetulnya
hanya celetukan pikiran yang tidak dipikirkan dengan baik. Mengklaim
bahwa agama menyuruh begini-begitu dan mencela yang lain padahal
hanya paham sekedarnya.

1. Kewajiban menundukkan pandangan untuk laki-laki dan perempuan itu
jelas ada dalam Al-Quran.

2. Ada banyak contoh jaman Rasul, perempuan berpergian tanpa mahram.
Termasuk ibunda kaum muslimin Aisyah.
Contoh:
- Kasus fitnah selingkuh ibunda Aisyah dg. Safwan Bin al-Mutaal as-
Sulami karena tertinggal rombongan. Dalam peristiwa itu TIDAK PERNAH
Aisyah DISALAHKAN KARENA BERPERGIAN TANPA MAHRAM. Yang disalahkan
oleh ALLAH adalah orang yang punya pikiran jelek.
- Kasus perang unta, ketika ibunda Aisyah berperang. Siapa mahramnya?
- Banyak hadits

3. Larangan berpergian tanpa muhrim itu hanya ada di hadits tidak ada
dalam Al-Quran. TIDAKLAH MUNGKIN RASULULLAH MENAMBAH-NAMBAH ATURAN
ALLAH. Jadi jika hadits tersebut memang ada, pasti ada sebab yang
sangat penting dan kasuistis.

4. Pendapat: Islam mendudukkan laki-laki untuk melindungi wanita =>
berpergian harus dengan mahram itu tidak kuat, karena:
- laki-laki itu tidak harus mahram TAPI SEMUA LAKI-LAKI BERKEWAJIBAN
MELINDUNGI.
- Mahram itu bisa karena nasab, bisa juga karena lainnya. Bisa laki-
laki tapi bisa juga perempuan. Jadi logikanya nggak nyambung.

5. Madzhab Maliki mengatakan bahwa wanita tidak boleh melakukan
bepergian kecuali bila ditemani oleh mahramnya ATAUPUN bersama jamaah
yang dapat dipercaya, baik terdiri atas kaum laki-laki ataupun kaum
perempuan.

6. Jika betul Islam memerintahkan wanita untuk wajib ditemani
berpergian. Mengapa Islam TIDAK memerintahkan bagi anak2 untuk juga
wajib ditemani ketika berpergian? Bukankah anak-anak itu lebih retan
lagi?

Jadi IMHO mencampuradukkan urusan perkosaan dengan urusan bepergian
dengan mahram itu tidak betul secara agama. Apalagi sampai
mengklaim "seakan-akan..."
Kasus pemerkosaan itu terjadi karena kaum laki-laki tidak mampu
menjadi pelindung kaum lemah.

Jika Islam tegak, semua orang akan berpergian dengan aman. Kaum laki-
laki secara umum memang jadi pelindung bagi kaum wanita dan anak-
anak. Bukan hanya laki-laki mahram dari wanita yang jadi pelindung.
Bahkan bagi anak kecil sekalipun.

Salam
Ary

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Lina Dahlan"