Ada hadis diriwayatkan Imam Muslim:

Bersumber dari Abu Sai'id Al Khudri, dia berkata: "Rasulullah saw
bersabda: "Sungguh kalian telah mengikuti sunnah orang-orang sebelum
kamu sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta. Sampai mereka
masuk lubang biawak pun  kalian akan mengikuti mereka". Kami berkata:
"Wahai rasulullah, orang-orang Yahudi dan orang-orang Nasrani?".
Beliau bersabda: "Siapa lagi"

Biasanya hadis ini dikutip kalangan yang mengecam keras muslim yang
"belajar" ke Barat, mengadopsi metode-metode modern seperti
hermeneutika, menyerukan modernisasi, dialog antar iman, dll,
tapi ternyata yang lebih mencengangkan adalah kalangan yang sama
mengadopsi cara-cara   kaum Kristen abad kegelapan, sadar maupun
tidak.

salam,